Jumat, 10 Juni 2011

Kasad Harapkan Peningkatan Kerja Sama Dengan AS

Prajurit Angkatan Darat AS (USARPAC) dan prajurit TNI AD berjabat tangan usai pembukaan latihan bersama Garuda Shield 2011 di Pusat Pendidikan Zeni Kodiklat TNI AD, Bogor, Jabar, Jumat (10/6). Pelatihan selama 12 hari yang diikuti 631 TNI AD dan 141 orang dari USARPAC bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama (interoperabilitas) diantara peserta latihan dan menyiapkan sarana kapasitas pembangunan bagi negara pengirim pasukan PBB. (Foto: ANTARA/Jafkhairi/pd/11)

10 Juni 2011, Jakarta (ANTARA News): Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta mengharapkan kerja sama dengan Amerika Serikat dapat terus ditingkatkan didasari saling percaya dan saling menghormati.

"Saya harapkan, latihan ini makin meningkatkan hubungan militer kedua negara, khususnya angkatan darat kedua pihak dilandasi rasa percaya dan saling menghormati," katanya, pada pembukaan latihan TNI AD dan Angkatan Darat AS, di Bogor Jumat.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Direktur Latihan Komando Jenderal George oisutta mengatakan pula latihan bersama angkatan darat kedua negara selain memantapkan profesionalisme prajurit juga untuk mempererat dan memperkokoh hubungan kedua negara.

"Latihan ini bertujuan meningkatkan interoperability diantara peserta latihan, menyiapkan sarana daya mampu bagi negara pengirim pasukan PBB, serta meningkatkan hubungan kedua negara," ujar Kasad.

Latihan bersandikan "Garuda Shield 2011" mengkhususkan peningkatan kemampuan dan profesionalitas para peserta latihan tentang beragam kegiatan operasi perdamaian sesuai standar PBB atau Standar Generic Training Module (SGTM).

"Indonesia sering dilibatkan dalam misi perdamaian PBB, sehingga kerja sama dengan AS bisa mempelajari dinamika dan metode operasi dalam misi perdamaian dunia," ujar George.

Ia menambahkan, dalam latihan itu akan dipadukan sistem yang berlaku bagi kedua pihak sehingga terwujud satu sistem terpadu yang menjadi pedoman saat melaksanakan operasi perdamaian PBB.

"Setiap daerah konflik memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda satu sama lain. Karena itu , perlu pola penanganan yang tidak sama pula antara daerah satu dengan lainnya," kata Kasad.

Terkait itu, dalam latihan tersebut dilakukan berdasarkan skenario yang semirip mungkinan dengan kondisi medan tugas yang sebenarnya sehingga operasi yang dilakukan berhasil baik, demikian George.

Latihan bersama "Garuda Shield 2011" dilakukan di Pusat Pendidikan Zeni, Bogor. Gladi lapang akan dibeberapa titik di wilayah bogor dan sekitarnya.

Selain itu, latihan bersama juga akan diisi dengan kegiatan bakti sosial bagi masyarakat sekitar, seperti pengobatan massal, pembangunan sarana dan prasarana umum.

Sumber: ANTARA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar