Sabtu, 13 November 2010

Cara Merawat Komputer

komputer
Di bawah ini adalah kiat-kiat yang bisa dilakukan sebagai langkah untuk merawat komputer. Supaya komputer selalu dalam kondisi baik.

1. Defrag harddisk secara berkala
Fungsinya Disk Defragmenter yaitu untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenisnya sedemikian rupa sehingga mempermudah proses read/write. Efeknya beban kerja komputer menjadi ringan yang pada akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Untuk melakukan Disk Defragmenter, caranya klik menu Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan, termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag.

2. Aktifkan secreensaver
Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang tak kalah penting. Monitor CRT (cathode ray tube) pada komputer serta televisi sama-sama menggunakan sinar fosfor untuk menampilkan gambar pada layar. Jika monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat, akan ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah, yaitu gambar menjadi redup dan kurang jelas. Lain halnya jika monitor telah mengadopsi teknologi LCD (liquid crystal display), LED (light emitting diode) yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Contol Panel > Dislay > Klik tab screensaver, kemudian pilih.

3. Ventilasi yang cukup
Tempatkan monitor maupun CPU (central processing unit) sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor serta CPU cukup lancar. Ventilasi yang buruk bisa menyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen atau rangkaian elektonik didalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen. Oleh karena itu usahakan jarak CPU dan dinding atau tembok minimal 30 cm. kalau perlu psang kipas angin di dalam ruangan.

4. Pakailah UPS atau stavolt
Pakai UPS (uninterruptible power supply) untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Jika piranti UPS tidak tersedia. Pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan lsitrik.

5. Tutup program yang tidak berguna
Setiap program yang di-load atau dijalankan makan akan “memakan” memory (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan, akan semakin banyak pula memory yang terpangkas. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat juga beban kerja menjadi lebih berat yang pada akhirnya dapat memperpendek umur komponen pada komputer.

6. Pasang program antivirus serta update secara berkala
Untuk dapat mengenali virus atau trojan baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yang telanjur menyebar di komputer kadang tak bisa diselesaikan hanya dengan memindainya lewat program antivirus, tetapi harus menginstall ulang sistem komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya (biaya installasi ulang sistem), juga akan menyebabkan harddisk akan lebih cepat rusak dibandingkan apabila tidak sering diinstall ulang.

7. Bersihkan Recycle Bin secara rutin
Sebenarnya file atau forder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin. Hal ini dibuat dengan maksud agar suatu saat apabila masih dibutuhkan dapat mengembalikan lagi file yang telah dihapus tadi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lebih lamban.
Caranya cari ikon berbentuk tong sampah dengan nama Recycle Bin > klik kanan Recycle Bin > klik Empty Recycle Bin, dapat pula menjalankan fungsi Disk Cleanup. Caranya klik Start > Program > Accessories > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin, jika perlu centangi pula yang lainnya (seperti temporary file, temporary internet file), setelah itu klik OK.

8. Jangan meletakan speaker active terlalu dekat dengan monitor
Sebaiknya jauhkan speaker aktive dari dekat monitor komputer sebab medan magnet yang ada pada speaker aktive tersebut akan mempengaruhi monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

9. Uninstall atau buang program yang tidak berguna
Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan menghambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat. Selain itu, bisa menyebabkan harddisk akan cepat rusak.

10. Bersihkan motherboard dan peripheral secara berkala
Setidaknya minimal enam bulan sekali kita harus melakukan pemberishan motherboard beserta peripheral dari timbunan debu. Caranya buka chasing terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan perpheral lain seperti RAM, video card, modem, saound card, CDR/CDRW/DVDRW, TV tunner dengan sikat halus atau kuas secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak kompunen. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard dan mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

11. Pasang kabel pentanahan (ground)
Apabila pada chasing ada arus listrik yang ngalir, buatlah kabel pentanahan (ground) untuk membuang arus listrik tersebut ke tanah. Langkah ini dapat menetralkan arus listrik yang seharusnya tidak mengalir ke luar (chasing) sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet. (Toni Irawan, pratisi IT, /“PR” )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar