Selasa, 17 Juli 2012

Boeing NASA X-43 Adalah Pesawat Tanpa Awak Tercepat di Dunia

INFO UNIK | TEKNOLOGI - Boeing NASA X-43 Adalah Pesawat Tanpa Awak Tercepat di Dunia



Menurut catatan rekor Fédération Aéronautique Internationale (FAI), menyatakan bahwa Pesawat non eksperimental yang memegang rekor tercepat di dunia sampai saat ini, masih dipegang oleh SR-71 Blackbird dengan kecepatan 3530 km/jam (Mach 3,2).

Namun sebetulnya ada pesawat experimental yang lebih cepat namun tanpa awak (unmanned), yaitu Boeing X-43 NASA. Bagaimanakah dia? Ini dia pemeparan singkat yang berhasil disusun oleh serupedia.

Pesawat Boeing X-43 NASA merupakan pesawat tanpa awak tercepat di dunia sekaligus menjadi benda terbang tecepat di bumi ini. X-43 begitu nama panggilan singkatnya merupakan sebuah pesawat eksperimen hipersonik tanpa awak (unmanned experimental hypersonic aircraft) yang dirancang dengan banyak variasi skala dimaksudkan untuk mengetes aspek yang beragam dalam penerbangan supersonic. Ini merupakan bagian dari program NASA Hyper-X.



Pesawat yang memiliki Massa 1300 kg dan panjang 3,7 meter ini mencetak rekornya dengan mencapai kecepatan 12144 km/jam (Mach 9,8) pada ketinggian 13157 meter. Cara penerbangannya, Roket Pegasus yang membawa X-43 diluncurkan dari pesawat Boeing B-52. Setelah mencapai ketinggian yang diinginkan, roket ini dibuang, selanjutnya X-43 melaju dengan mesinnya sendiri yaitu mesin Scramjet.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar