Rabu, 25 Juli 2012

Ini Dia Kulkas Primitif Pertama Di Dunia

UNIK DAN ANEH - Ini Dia Kulkas Primitif Pertama Di Dunia - “Tembaga Jian” barangkali bisa dikatakan sebagai “kulkas” primitif pertama di dunia, namun tentu saja kulkas primitif ini tidak menggunakan energi listrik, yang menarik adalah benda unik ini bahkan juga bisa berfungsi sebagai “termos”. Peninggalan ini berhasil digali pada tahun 1977 dari makam Zeng Hou Yi di distrik Sui, Provinsi Hubei.



Sebenarnya benda ini merupakan tempat menaruh botol anggur. Benda ini merupakan hasil karya seni tinggi. Bentuknya kotak, dihiasi ukiran kepala naga dan ukiran bunga.

Tembaga ini memiliki 2 lapisan, dengan bejana di dalamnya untuk menempatkan botol anggur untuk didinginkan. Bagian luar (tembaga) disebut Jian, dan bagian dalam disebut Fou.

Pada saat musim panas, es batu diletakkan di antara tembaga dan bejana sehingga botol anggur dalam bejana tetap dingin, karena tentu saja sejak zaman dulu orang lebih menyukai minuman dingin pada saat cuaca panas dan gerah.

Di musim dingin, benda ini berfungsi sebagai termos, dimana air panas diletakkan diantara tembaga dan bejana sehingga botol anggur dalam bejana cepat dihangatkan untuk diminum hangat-hangat di cuaca dingin.

http://info-infounik.blogspot.com/2012/07/kulkas-unik.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar