Jumat, 13 Juli 2012

9 Tips Menyejukkan Kamar Tanpa Menggunakan AC

TIPS - 9 Tips Menyejukkan Kamar Tanpa Menggunakan AC - Di Zaman Globalisasi kayak gini , kalau ga ada AC kayaknya ga keren yah ? buang jauh2 pikiran kayak gitu . selain dilihat dari fungsinya yang hanya menyejukkan dan merefresh udara , kocek yang dirogoh untuk biaya listrik per bulannya teramat mencekik . mendingan sekarang kita bikin ' AC Alami ' yuk .


1. Cerahkan Nuansa Kamar Anda

Jangan Bingung Dengan Tips Pertama ini gan . walaupun hanya mencerahkan kamar , minimal kita sudah memiliki nuansa sejuknya dulu . Pertama anda bisa memilih warna cat yang berkesan Sejuk seperti : Biru Muda , Putih , Hijau Muda , Ungu . Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya.

Tips Pertama Ini dapat Membuat kamar anda 5% lebih sejuk.




2. Ventilasi

Ventilasi sangatlah Krusial bagi kamar yang tidak memiliki AC , karena tanpa ventilasi , maka udara yang berputar di kamar hanya udara yang sudah kotor dan "basi" . Lebih disarankan lagi membuat Ventilasi silang yaitu Ventilasi yang saling berhadapan Ventilasi silang memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya, tanpa harus mengendap terlebih duu, di dalam ruangan. Udara yang masuk dari satu jendela, akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, dan berganti dengan udara baru, begitu seterusnya

Untuk mengakali kamar tanpa Ventilasi, Pasanglah Exhaust Fan . harganya tidak terlalu mahal kok

Tips Kedua ini dapat membuat kamar anda 20% lebih sejuk.




3. Minimaliskan Barang Di Kamar Anda

Yang Ketiga ini selain berguna untuk menyejukkan kamar anda , juga SANGAT berguna untuk kesehatan anda . why , man? Karena Semakin Banyak Barang anda , maka semakin banyak pula Debu yang menumpuk dan semakin mencemari kamar anda . Polusi udara banget kan ? makanya kurangi barang2 tidak penting dan bisa dimasukkan ke gudang . Lebih Bagus lagi jika anda tidak memasukkan Peralatan Elektronik apapun ke dalam kamar anda karena Semua peralatan elektronik memancarkan energi panas .

Tips Ketiga ini dapat membuat kamar anda 15% lebih sejuk.


4. Design Yang Tepat


Ini hanya berguna untuk yang kelak akan membangun rumah saja . kalau yang udah terlanjur yah tips ini udah ngak berguna kecuali agan mau merenovasi
* Pilih bahan Genteng yang memantulkan Sinar Matahari seperti Tanah liat atau beton yang berglazur.
* Langit2 kamar Minimal Di atas 3 meter (idealnya 4,5 meter).
* Ukuran jendela harus Proporsional dengan besar kamar . semakin besar kamar , semakin besar juga jendela begitu pula sebaliknya.
* Krusial : VENTILASI SILANG .

Tips Keempat ini dapat membuat kamar anda 40% lebih sejuk.




5. Jendela Adalah Dua Mata Pisau

kenapa jendela disebutkan Dua mata pisau untuk kamar anda? karena salah2 , bukannya malah membuat sejuk , malah membuat kamar anda sangat panas . bagaimana mengakalinya ?

Jalan masuk sinar matahari termudah adalah melalui jendela , rasakanlah sendiri kalau sinar matahari di siang yang terik masuk ke kamar anda . siap2 bersauna Ria . Kurangilah masuknya Sinar Matahari dengan memasang Gorden yang Berbahan tebal agar meminimalisir panas itu .

Sedangkan Untuk Mendapatkan Ac yang super2 alami , bukalah Jendela anda pada saat angin Sejuk bertiup .

Tips Kelima ini dapat membuat kamar anda 25% lebih sejuk.




6. Sering-Seringlah Mematikan Lampu Kamar

Mengenai ini , sudah banyak orang-orang 'pintar' yang bilang . karena lampu terus mengeluarkan panas maupun cahaya. Matikan Lampu Di setiap kesempatan misalnya kalau anda sedang tidak di kamar , atau saat mau tidur .

ada 1 tips lagi buat anda yang hanya menggunakan Kamar sebagai Tempat Tidur (bukan membaca atau aktivitas yang membutuhkan cahaya) , pakailah lampu meja saja yang tidak terlalu terang . selain panasnya tidak terlalu banyak , anda juga lebih cepat terlelap karena nuansanya klasik dan redup

Tips Keenam ini dapat membuat kamar anda 10% lebih sejuk.




7. Maksimalkan Kipas Angin

Setiap rumah yang ber-AC atau tidak ber-AC sekalipun pasti memiliki Alat yang satu ini . tapi kayaknya banyak yang belum ngerti cara pakai yang baik dan benar . Yang agan2 lakukan pasti langsung mengarahkan kipas ke tubuh , padahal itu hanya untuk Mendinginkan Sesaat , kemudian panas lagi . Cara yang benar adalah dengan menyetel Kipas ke Mode Swing / Putar dan arahkanlah ke dinding yang berlawanan dengan anda. itu akan membuat siruklasi udara lebih baik dan udara dingin dari Kipas itu akan terus berputar di kamar anda . Jauh Lebih Murah dari AC kan ?

Tips Ketujuh ini dapat membuat kamar anda 20% lebih sejuk.


8. Dinginkan Lingkungan Anda

Untuk Menambah Sejuk Kamar anda lagi , kita ada cara yang sangat Mulia . disebut mulia disini karena selain membuat kamar dan rumah anda Sejuk , Juga membuat lingkungan sekitar anda jadi Asri dan Sejuk . APa itu ? Menanam Pohon !

Hanya dengan menanam Satu pohon , Anda sudah bisa mengurangi pemanasan global dan juga Lingkungan anda . Rekomendasi dari TS sih 5 Pohon .

Tips Kedelapan ini dapat membuat kamar anda 15% lebih sejuk.


9. Mulailah Dari Dalam Diri Anda

Untuk Menambah Efek Sejuk lagi , kita jangan hanya melaukukan Sesuatu untuk kamar kita , tetapi juga untuk diri kita sendiri . beberapa hal yang direkomendasikan untuk menambah Kesejukan adalah :
* Konsumsi Makanan / Minuman Dingin (rekomendasi Buah Dingin / Kelapa Muda)
* Berenang / Mandi Air Dingin
* Jangan Melakukan Aktivitas Berat Sebelum masuk ke kamar karena akan membuat nafas menjadi lebih cepat sehingga Kamar lebih cepat terisi Co2
* DLL

Tips Kedelapan ini dapat membuat kamar anda 10% lebih sejuk.



http://sibukforever.blogspot.com/2012/07/9-tips-menyejukkan-kamar-tanpa.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar