Senin, 09 Februari 2009

RI Jalin Kerjasama Militer Dengan India

SU-30 Angkatan Udara India

9 Februari 2009, Jakarta -- Pemerintah Indonesia dan India sepakat meningkatkan dan memperluas kerjasama pertahanan dan militer kedua negara. Hal ini terungkap saat perwakilan India tersebut mengadakan kunjungan kehormatan kepada Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso di Jakarta, Senin (9/2).

Dubes India untuk Indonesia, Biren Nanda mengatakan, "Kerjasama militer kedua negara yang ditandai saling kunjung kepala negara dan pejabat militer dapat ditingkatkan dan diperluas skalanya baik untuk angkatan laut, angkatan darat dan angkatan udara."

Dia menjelaskan, angkatan laut RI dan India telah melakukan pendidikan latihan bersama guna mendukung pengamanan wilayah perairan kedua negara. "Rencananya, akan ada pengiriman personel TNI AL ke India terkait itu," kata Nanda.

Untuk kerjasama dirgantara militer, India menawarkan pemeliharaan pesawat tempur Sukhoi dan pelatihan bagi teknisi pesawat jet tempur tersebut. Peningkatan kerjasama diharapkan juga dapat segera terealisasi pada angkatan darat kedua negara.

Lebih luas lagi, India berharap dapat membangun industri pertahanan bersama dengan Indonesia dan penanggulangan teror terutama pasca aksi teror di Mumbai, beberapa waktu silam. Menanggapi hal itu, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan, sangat menghargai upaya Angkatan Bersenjata India untuk terus menjalin kerja sama dengan TNI, terutama di masing-masing angkatan baik darat, laut maupun udara.

Terkait penanggulangan teror, Panglima TNI menyampaikan TNI dan Polri telah menggelar latihan gabungan. "Indonesia sangat terbuka bagi kerjasama intelijen sebagai bagian dari aksi penanggulangan teror," kata Djoko. (kapanlagi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar