Rabu, 11 Februari 2009

Kasum TNI: Latgab Passus Tri Matra II Dilaksanakan Untuk Tingkatkan Kemampuan Personel TNI

Aksi Denjaka Saat Latgab Passus

12 Februari 2009, Manado -- Latihan Tri Matra II yang melibatkan tiga pasukan elit adalah merupakan latihan gabungan pasukan khusus TNI yang akan dilaksanakan secara kontinu untuk meningkatkan kemampuan personel TNI dalam mengantisipasi dan menghadapi teroris.

“Melalui latihan ini kecakapan secara individu dan regu maupun koordinasi antar personel semakin ditingkatkan dalam penanggulangan aksi teroris”, kata Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) Laksamana Madya TNI Y. Didiek Heru Purnomo saat menggelar jumpa pers seusai menyaksikan secara langsung Latihan Gabungan Pasukan Khusus TNI Tri Matra II.

Latihan yang untuk pertama kalinya digelar di Manado ini melibatkan Tri Matra dari pasukan khusus dari TNI yaitu Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD untuk pembebasan sandera di Hotel Paninsula, Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL untuk pembebasan sandera di laut dan Detasemen Bravo TNI AU pembebasan sandera di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Dalam latihan gabungan ini, juga melibatkan kapal selam yaitu KRI Cakra-401, KRI Dr. Suharso, sejumlah Helikopter, Pesawat Hercules, serta anjing pelacak.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana pertama TNI Iskandar Sitompul, S.E, Latgab Pasukan Khusus TNI Matra II itu juga disaksikan sejumlah pejabat teras TNI dan Muspida Sulawesi Utara, diantaranya adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Suryo Prabowo, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Moeklas Sidik, MPA, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Djunaedi Djahrin, Koorsahli Kasau Marskal Muda TNI Joseph Rasiman, Gubernur Sulut SH. Sarundajang dan Kapolda Sulut Brigjen Pol Bekto Soeprapto. (tnial.mil.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar