Rabu, 11 April 2012

Tips Memilih dan Mencari Kerja sesuai dengan Bakat dan Kepribadian

Ada beberapa faktor yang berpengaruh bagi seseorang dalam mencari kerja. Diantaranya adalah skill atau keahlian yang dimiliki dengan kualifikasi yang diminta. Selanjutnya latar belakang pendidikan, kemudian pengalaman kerja (work experience). Karena perusahaan lebih menyukai pekerja yang memang sudah ahli dalam bidang pekerjaannya dari pada harus memberikan training kepada seorang pemula.
Dalam bekerja, idealnya seseorang itu mendapatkan kepuasan kerja diantaranya adalah karir yang identik dengan gaji yang sesuai, pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan minat dan disukai.






Mencari Pekerjaan yang Sesuai
Dalam mencari dan memilih pekerjaan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
  • Pemilihan pekerjaan yang tepat dapat menentukan seseorang akan diterima atau tidak dalam pekerjaan tersebut
  • Pemilihan pekerjaan akan menentukan seseorang dapat sukses atau gagal dalam pekerjaannya
  • Pemilihan pekerjaan akan menentukan seseorang dapat menikmati pekerjaannya atau tidak
  • Pemilihan pekerjaan dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan yang dimiliki seseorang
Kita juga perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat membantu kita mencari pekerjaan yang sesuai diantaranya adalah :

a. Peran bakat dalam bekerja
Dalam bekerja yang pasti kita ingin sukses. Dalam hal inilah bakat berperan. Bakat dibagi menjadi dua bagian yaitu (1) Bakat skolastik (scholastic aptitude) atau disebut juga dengan bakat akademik adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat sukses dalam mengerjakan tugas-tugas formal sekolah. Sebagai contoh orang yang mempunyai bakat dalam bidang seni akan dengan mudah sukses mengerjakan tugas-tugas akademis yang berkaitan dengan seni; (2) bakat vokasional (vocational aptitude) atau bakat dalam bidang pekerjaan adalah merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mempelajari suatu keahlian yang diperlukan dalam suatu pekerjaan. Sebagai contoh, seseorang yang mempunyai bakat dalam bidang linguistik akan mudah sukses jika bekerja sebagai penulis.

b. Peran minat dalam bekerja
Minat di beri arti sebagai motivasi yang kuat dalam bekerja. Karena itu, dalam memilih pekerjaan, seseorang harus memperhatikan faktor minatnya agar merasa tahan banting dalam menghadapi pekerjaan.

c. Peran kemampuan dalam bekerja
Sebelum mencari kerja kita harus mengenal potensi diri kita untuk dapat mengetahui seberapa besar kemampuan kita dalam mengerjakan sesuatu hal. Karena semakin banyak kita mengetahui kemampuan kita, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai

Kepribadian Menentukan Jenis Pekerjaan
Untuk memilih sebuah pekerjaan yang tepat, kita perlu mempertimbangkan faktor kepribadian. Sebab kepribadian turut berperan dalam menentukan kecenderungan seseorang untuk cocok atau tidak pada jenis pekerjaan tertentu.

Disini ada beberapa macam pekerjaan yang sesuai dengan tipe orientasi kepribadian :

A. Tipe Murni atau Tunggal

Tipe Realistik
Orang yang memiliki sifat dan perilaku agresif. Cocok dengan pekerjaan sebagai mekanik, operator mesin, tenaga pengepakan dan staf produksi

Tipe Investigatif
Orang yang lebih banyak berpikir dari pada bertindak dan mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi dari pada harus bekerja menggunakan fisik. Tipe ini cocok bekerja sebagai peneliti dan progammer.

Tipe Sosial
Orang yang memiliki kemampuan sosial yang tinggi dengan orang sekitarnya. Pekerjaan yang sesuai untuk tipe ini adalah public relation, customer service, guru atau pekerja sosial.

Tipe Konvensional
Orang yang selalu patuh pada peraturan. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah akuntan, administrasi, staf keuangan dan sekretaris.

Tipe Usaha
Orang yang mempunyai kemampuan verbal yang andal, pandai berkomunikasi, mempengaruhi, merayu dan meyakinkan orang. Pekerjaan yang cocok untuk orang dengan tipe ini adalah wiraswasta dan staf marketing.

Tipe Kreatif
Orang yang senang mengekspresikan diri mereka secara artistik atau seni seperti bernyanyi, melukis, menulis atau akting. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah copy writer, penulis, pemain teater, bintang film atau sinetron, pelukis, desainer dan penyanyi

B. Tipe Kombinasi


Tipe Realistik-Investigatif
Orang dengan ciri-ciri gabungan dari dua tipe yakni realistik dan investigatif. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah pegawai navigasi, ahli pertanian dan surveyor.

Tipe Investigatif-Kreatif
Orang dengan ciri-ciri gabungan investigatif dan kreatif. Pekerjaan yang cocok adalah ahli kecantikan, desainer interior dan asisten musium.

Tipe Artistik-Sosial
Pekerjaan yang cocok untuk tipe gabungan ini adalah guru musik, guru taman kanak-kanak dan terapis seni.

Tipe Sosial-Usaha
Pekerjaan yang sesuai untuk tipe ini adalah manajer hotel, interviewer dan direktur pelayanan masyarakat.

Tipe Usaha-Konvensional
Pekerjaan yang sesuai untuk tipe kombinasi ini antara lain manajer real estate, agen asuransi dan administrasi penjualan

Itulah beberapa informasi yang dapat saya berikan kepada sobat semua. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua untuk memilih pekerjaan yang tepat.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar