Rabu, 25 April 2012

Apakah CISPA Itu? Samakah Dengan RUU SOPA Atau PIPA?


Tentunya anda pasti mengenal istilah SOPA atau PIPA, ya kedua kata tersebut adalah suatu bentuk undang-undang yang digagas oleh badan legislatif amerika untuk mengatur tentang pelanggaran hak intelektual dan pembajakan yang kemaren tidak berhasil dijalankan. Para penggemar download online dipastikan akan galau jika SOPA atau PIPA ini berhasil diimplementasikan.

Sekarang ini muncul satu lagi bentuk peraturan yang dikenal dengan nama CISPA (Cyber Intelligencen Sharing and Protection Act) yang dicetuskan oleh grup jurnalis teknologi dan blogger yang menyatakan bahwa CISPA ini tidak ada kaitannya dengan SOPA maupun PIPA.

Mike Rogers, adalah seorang ketua dari CISPA dan juga sponsor dari CISPA menekankan bahwa CISPA ini tidak sama dengan SOPA ataupun PIPA. CISPA ini memfokuskan hanya pada proteksi pada jaringan komputer yang ada di amerika dari serangan cyber atas nama badan keamanan nasional sedangkan SOPA atau PIPA memfokuskan pada hak kekayaan intelektual.

Selain itu pula Rogers juga menekankan bahwa ini bukan masalah hak cipta lagi melainkan untuk melindungi kepentingan yang lebih tinggi lagi, seperti kepentingan kelangsungan bisnis yang ada di amerika. Sebagai contoh sebuah perusahaan mengalami serangan online dan serangan ini mencuri formula atau sesuatu yang merupakan data rahasia dari perusahaan itu.

Apakah CISPA akan menjadi SOPA / PIPA selanjutnya ?

CISPA didesain untuk memungkinkan berbagi pengetahuan antara pemerintah dan perusahaan yang ada tentang ancaman cyber seperti pencurian data perusahaan maupun serangan kepada jaringan vital. Perlu diketahui juga bahwa CISPA telah memiliki sponsor lebih dari 100 pihak dimana didalamnya juga termasuk dari microsoft dan facebook.

Bagaimanakah menurut anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar