Rabu, 25 April 2012

KRI Sura-802 dan BRP Magat Salamat-PS 20 Gelar Corpat Philindo-26

BRP Magat Salamat PS – 20.

25 April 2012, Bitung: Kapal Perang Angkatan Laut Philipina BRP Magat Salamat PS – 20 bersama KRI Sura 802 tiba di Dermaga TNI AL Samla Bitung dalam rangka kegiatan Patroli Terkoordinasi (Coordinated Border Patrol Philippine Indonesia – CORPAT PHILINDO) ke 26 tahun 2012.

Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai 25 April 2012 – 2 Mei 2012 akan dibuka secara resmi di Gedung Serba Guna Mako Lantamal VIII Manado hari Rabu jam 09.00 WITA oleh Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Guguk Handayani dan Komandan Gugus Tempur Laut Mindanao Timur Commodore Philip L Cacayan.

 “Kami berharap dengan diadakanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan keamanan dan hubungan baik antara Indonesia – Philipina,“ ujar Letkol Luzviminda A Camacho, Komandan kapal perang Philipina, BRP Magat Salamat PS 20 sesaat setelah upacara penyambutan di Dermaga TNI AL Samla Bitung yang disertai dengan pengalungan bunga oleh Asisten Danlantamal VIII Letkol Laut (P) Suradi Agung Slamet.

“Sasaran utama Patroli Terkoordinasi ini adalah selain menjaga pertahanan dan keamanan masing – masing negara, juga untuk mempererat hubungan antara Indonesia dengan Philipina,” terang Asops Danlantamal VIII di sela – sela acara penyambutan BRP Magat Salamat PS 20. Hal senada juga diutarakan oleh Komandan KRI Sura 802 terkait kegiatan ini. “Kita bertetangga dengan Philipina, maka kegiatan ini sangat penting bagi hubungan baik Philipina dan Indonesia,” jelas Mayor Laut (P) Fafan Yudo Brahmono, Komandan KRI Sura 802.

 “Kami membawa 52 ABK, 7 Perwira dan 29 Ship Riders yang terlibat dalam Patroli Terkoordinasi ini,” terang seorang wanita yang telah 2 kali menjadi Komandan Kapal Perang Philipina selama kurun 2 tahun terakhir. Sedangkan dari pihak Indonesia membawa 42 prajurit andalan matra laut pengawak KRI Sura 802.

Sementara itu, Komandan Gugus Tempur Laut Mindanao Timur Commodore Philips L Cacayan beserta Kolonel Robert EM Pedrad mendarat dengan pesawat Angkatan Laut Philipina 320 pada hari yang sama pada pukul 11.00 Wita di Pangkalan Udara TNI AL Manado dan langsung disambut oleh Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Guguk Handayani beserta beberapa pejabat Lantamal VIII Manado dengan tradisi upacara penyambutan khas TNI AL.

Sumber: Dispenlant8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar