Senin, 09 April 2012

Hiriko, Mobil Hemat Energi Yang Bisa Dilipat

Ada satu lagi teknologi terbaru saat ini yang mungkin menjadi salah satu solusi krisis global warming dan padatnya kendaraan bermotor di daerah perkotaan. Ya, inilah Hiriko.

Hiriko adalah mobil inovasi terbaru yang digerakkan dengan tenaga listrik dan tentunya bisa menghemat energi dimana krisis pemanasan global dan krisis sudah sangat tidak asing lagi bagi kita.

Mobil hiriko sangat cocok digunakan di tempat perkotaan yang padat penduduknya karena hiriko ini mempunyai keunikan yaitu bisa dilipat. Sehingga tidak membutuhkan banyak ruang parkir karena ukurannya yang minimalis dan cocok untuk mengatasi masalah krisis tempat parkir dan maraknya kendaraan bermotor di daerah perkotaan.

Konsep mobil kota mini dan hemat energi ini dikembangkan oleh konsorsium perusahaan teknologi di Basque, Spanyol, bersama para ahli di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, Amerika Serikat.

Mobil Hiriko mampu mengangkut 2 orang penumpang serta keunggulan lain mobil Hiriko yaitu kabinnya bisa diputar secara vertikal agar bisa diletakkan di tempat parkir sempit. Pintu masuk pun didesain hanya bisa dibuka dari depan, sehingga tak memudahkan akses. Selain itu, pada mobil hemat energi ini tenaga listrik disalurkan pada keempat roda yang semuanya bisa disetir.



Mengenai kecepatan dan jangka tempuh mobil ini juga cukup mumpuni. Mobil ini mempunyai jangkauan 120 kilometer dan kecepatan tertinggi 90 kilometer per jam. Di dalam kota, Hiriko bisa melaju hingga 51 kilometer per jam.

Mobil ini menurut kabar akan dikembangkan secara komersial oleh konsorsium Afypaida. Pabrik pertama akan dioperasikan tahun 2013 dengan produksi awal 9.000 unit. Rencananya Hiriko akan ditawarkan dengan harga US$ 16.322 atau sekitar Rp 146 juta.


Apakah teknologi baru mobil yang hemat energi dan bisa dilipat ini kira-kira mampu untuk mengurangi krisis tempat parkir di Indoneia? serta mengurangi masalah krisis tempat parkir dan global warming yang ada di sebagian besar kota-kota besar di Indonesia? Wah semoga saja bisa ya! Hehehe.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar