Kamis, 01 April 2010

Marinir Gelar Latihan "Raid" di Pasewaran

31 Maret 2010, Banyuwangi -- Sejumlah prajurit Korps Marinir melakukan serangan ke daerah musuh saat latihan Raid di Pasewaran, Banyuwangi, Rabu, (31/3) dini hari. Raid merupakan salah satu materi yang dilatihkan dalam tahap tiga ( tahap Hutan ) dalam Lattapdu Korps Marinir Wilayah Timur 2010. (Foto: ANTARA/Serda Mar Kuwadi/EI/nz/10)

31 Mar 2010, Surabaya -- Ratusan prajurit Korps Marinir menggelar latihan "raid" (baku tembak dengan musuh yang melarikan diri) di Hutan Pasewaran, Desa Watu Kebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

"Latihan berjalan normal seperti latihan sebelumnya," kata Staf Dinas Penerangan (Dispen) Korps Marinir, Serda Mar Kuwadi, kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Banyuwangi, Rabu.

Latihan dimulai dengan suara rentetan tembakan pada pukul 24.00 WIB dari Dusun Maelang, sehingga mengejutkan penduduk Desa Watu Kebo dan bahkan pukul 04.00 WIB juga terjadi baku tembak antara prajurit Korps Marinir dengan sisa-sisa musuh yang mengalami cerai berai.


Sejumlah prajurit Korps Marinir melakukan patroli tempur dihutan Pasewaran, Wongsorejo, Banyuwangi, Selasa (30/3). (Foto: ANTARA/Serda Mar Kuwadi/EI/nz/10)

Baku tembak terjadi setelah lokasi persembunyian di Pantai Bengkak dihancurkan oleh prajurit baret ungu.

Di Pasewaran, sisa musuh bersembunyi di salah satu rumah penduduk, lalu prajurit Korps Marinir melakukan pengepungan dan penggeledahan rumah tersebut, sehingga kontak tembak tidak dapat dihindarkan lagi.

Namun, prajurit Marinir berhasil masuk ke dalam rumah dan meringkus dua orang musuh serta menyita dua senjata laras panjang.

Latihan itu merupakan skenario dari Latihan Pemantapan Terpadu Korps Marinir wilayah timur tahun 2010 untuk tahap ketiga (tahap hutan).

Dalam tahap ketiga, materi yang dilatihkan meliputi patroli tempur, patroli penyelidik, raid, pengepungan dan penggeledahan rumah serta pengepungan dan pembersihan kampung.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra didampingi Kolonel Marinir Amir Faisol selaku Pimpinan Latihan dan Mayor Marinir Harnoko selaku Komandan Sektor 3 melihat secara langsung latihan "raid" di Dusun Maelang dan latihan pengepungan dan penggeledahan rumah di Pasewaran.

ANTARA Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar