Selasa, 13 April 2010

Koarmatim Gelar Latihan Penyapuan Ranjau


13 April 2010, Surabaya -- Komando Armarda RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan kegiatan latihan penyapuan ranjau I/2010, pada minggu pertama di bulan April tahun 2010 dengan melibatkan Satuan Kapal Penyapu Ranjau, KRI Pulau Rengat (PRE)-711, 1 Tim dari Pasukan Katak, Dinas Penyelamatan Bawah Air, Arsenal, Laboratorium Induk Senjata (Labinsen), Dinas Hydro Oceanografi (Dishidros) di sepanjang Alur Pelayaran Barat Surabaya, belum lama ini Kamis (8/4/2010).

Latihan yang digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama antar unsur/satuan terkait dalam tindakan perlawanan ranjau, guna menjamin keamanan alur pelayaran dari bahaya ranjau dan bahan peledak lainnya.

Latihan dibawah tanggung jawab Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Among Margono ini, mengambil daerah latihan disekitar Pangkalan TNI AL Surabaya, APBS, Laut Jawa dan Tanjung Pakis Lamongan.

Materi yang diberikan dalam latihan ini meliputi, prosedur tindakan perlawanan ranjau secara benar, peran Posko dan monitoring dan pengendalian unsur TPR, analisa data kontak bawah air berbasis komputer, pendeteksian dan penyapuan ranjau.

Dengan menekankan pada aspek meningkatkan kerjasama antara unsur dan satuan dalam operasi tindakan perlawanan ranjau, meningkatkan kemampuan alat deteksi bawah air yang diharapkan, meningkatkan demolisi kontak yang diduga ranjau dalam keadaan aman, mengingatkan dari bahaya ranjau dan bahan peledak serta keamanan personel dan material.

Dispen Armatim/detikSurabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar