Selasa, 13 April 2010

Armada Laut Hitam Rusia Akan Terima 8 Kapal Perang Baru 5 Tahun Kedepan


14 April 2010 -- Armada Laut Hitam Rusia akan menerima empat frigate dan empat kapal selam diesel dalam lima tahun kedepan, menurut sumber di AL Rusia pada RIA Novosti, Selasa (13/4).

Seorang pejabat Rusia mengatakan kapal perang baru tersebut guna menggantikan kapal perang yang telah dioperasikan lebih dari 30 tahun dan tidak layak dioperasikan untuk suatu misi laut.

Sebelumnya, diberitakan Armada Laut Hitam akan mempensiunkan kapal perusak Ochakov dan sebuah kapal selam diesel yang dibuat pada 1982. Selanjutnya kapal perusak Kerch dan sejumlah kapal pendukung berukuran besar.

Frigate Admiral Gorshkov dan kapal selam diesel kelas Lada Sevastopol yang masih dibangun, akan menjadi kapal perang baru pertama yang bergabung dengan Armada Laut Hitam dalam waktu dekat.

Rusia memerlukan menjaga kemampuan tempur di Laut Hitam dan Mediterania tidak hanya mengaja kepentingan regional Rusia tetapi juga turut serta dalam misi internasional dalam memerangi perompakan dan penyelundupan obat terlarang.

Kapal-kapal perang Armada Laut Hitam rutin berpartisipasi dalam latihan laut Blackseafor, Black Sea Harmony dan operasi anti teroris Endeavor.

“Kapal-kapal baru tersebut memastikan armada aktif berpartisipasi dalam berbagai operasi tersebut dan misi lainnya yang direncanakan oleh AL Rusia,” menurut sumber tersebut.

Ia menambahkan rencana pembaharuan kapal tidak melanggar kesepakatan tahun 1997 dengan Ukraina mengenai kehadiran Armada Laut Hitam di Krimea.
“Rencana kami sangat transparan dan mereka akan mendiskusikan saat pertemuan Rusia-Ukraina subkomite Armada Laut Hitam.”

RIA Novosti/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar