Rabu, 27 Juni 2012

Waw! Delapan Website Paling Tua di Dunia

INFO UNIK - Waw! Delapan Website Paling Tua di Dunia

Babak baru teknologi jaringan komputer dimulai pada era 1980-an dengan implementasi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) oleh ARPANET yang melahirkan internet. Hal ini membawa dampak besar dengan kemunculan miliaran website saat ini. Berikut adalah delapanwebsite tertua di dunia sejak hadirnya teknologi internet seperti dilansir Allthemost.com dan tercatat di Iwhois.com.

1. Symbolics.com



Domain ini pertama kali didaftarkan pada 15 Maret 1985, tak berapa lama setelah implementasi TCP/IP. Saat ini website tersebut sudah titak berfungsi lagi, meski di halaman muka website masih tersirat kemungkinan website ini aktif lagi. Website ini awalnya digunakan oleh perusahaan manufaktur computer Symbolics Inc.

2. BBN.com



Domain milik perusahaan jasa riset dan teknologi ini pertama kali terdaftar pada 24 april 1985. Perusahaan tersebut kini bernama Raytheon BBN Technologies yang bermarkas di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

3. Think.com



Jika dibuka saat ini, domain tersebut akan mengarahkan ke alamat lain, Thinkquest.org. Think.comyang didaftarkan pertama kali pada 24 Mei 1985 merupakan salah satu proyek yayasan pendidikan Oracle Think Quest. Website tersebut menjadi ‘etalase’ produk dan media informasi Thinking Machines Corporation, produsen super komputer yang didirikan pada 1982.

4. MCC.com



Awalnya website ini menyediakan layanan karir dan pendidikan. Domain MCC.com pertama kali didaftarkan pada 11 Juli 1985.

5. DEC.com



Website ini milik Digital Equipment Corporation, salah satu perusahaan milik Hewlett Packard. Terdaftar sejak 30 September 1985. Perusahaan ini sempat menjadi vendor terkemuka perlengkapan dan software komputer di era 1960-an sampai 1990-an.

6. Northrop.com



Domain ini didaftarkan pada 7 November 1985. Saat ini alamat tersebut akan mengarahkan pengunjung ke Northropgrumman.com. Perusahaan ini menyediakan jasa keamanan dan inovasi produk pada produksi pesawat terbang, perangkat elektronik termasuk teknologi komputer.

7. Xerox.com



Xerox pertama kali mendaftarkan domain tersebut pada 9 Januari 1986. Website tersebut menjadi andalah perusahaan manajemen dokumen tersebut. Xerox adalah salah satu pemain besar dalam produksi mesin fotokopi, digital printing, dan produk dokumen lainnya.

8.SRI.com



Terdaftar sejak 18 Januari 1986, alamat SRI.com merupakan website organisasi R&D independen nirlaba yang dibentuk di Stanford Research Institute di Menlo Park, California, Amerika Serikat.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar