Selasa, 26 Juni 2012

Ternyata Manusia Purba Juga Mengonsumsi Susu

SAINS - Ternyata Manusia Purba Juga Mengonsumsi Susu - Manusia purba yang hidup 7000 tahun lalu di Gurun Sahara di Afrika ternyata juga mengonsumsi susu, memprosesnya menjadi bahan makan an tertentu.



Itulah hasil penelitian arkeolog University of Bristol di Inggris yang dilakukan dengan menganalisis sampel tembikar bernama Takarkori yang ditemukan di Libya.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature tersebut, Julie Dunne yang melakukan penelitian mengungkapkan, ada bukti bahwa manusia purba memproses susu.

"Kami tahu mereka memanaskannya, untuk membuat mentega atau lainnya," kata Dunne seperti dikutip New York Times, Rabu (20/6/202).

"Kami belum tahu apakah itu mentega, keju atau yoghurt, tapi kami tahu mereka memrosesnya dalam periuk itu," lanjut Dunne.

Pemrosesan susu oleh manusia purba itu masuk akal. Manusia purba intoleran terhadap laktosa, jadi mereka perlu memproses susu agar bisa mengkonsumsinya.

Bukti adanya konsumsi susu juga tercermin dari seni gua yang dihasilkan oleh manusia purba pada masa tersebut. "Ada figur manusia dengan hewan ternaknya," kata Dunne. Bahkan, terdapat gambar orang yang tengah memerah susu dari sapi. (kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar