Sabtu, 16 Juni 2012

Kumpulan Puisi & Sajak Bersama Rendra (Album Rekaman)

RendraRendra seorang penyair terkenal Indonesia, yang dikenal pula di luar negeri. Lahir pada tanggal 07 November tahun 1935 di Solo (Jawa Tengah). Ayahnya R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Ibunya RA Ayu Catharina Ismadillah.

Rendra memulai pendidikkanya dari Taman Kanak-kanak 1942, sampai dengan SMA 1952 di Solo. Kemudian ia pergi ke Jakarta dengan maksud sekolah di Akademi Luar Negeri, tapi karena sekolah tersebut tutup, maka ia masuk fakultas sastra Universitas Gadjah Mada hingga sarjana muda.

Tahun 1954 ia mendapat beasiswa dari American Academy of Dramatical Art (AADA) untuk belajar drama dan tari, selesai tahun 1967.

Rendra mulai menulis sajak, mengarang dan mementaskan drama untuk kegiatan sekolah sejak SMP kelas II. Tulisannya yang bertama berjudul “Kaki Palsu” dipertunjukan untuk kegiatan sekolahnya, kemudian “orang-orang di Tikungan Jalan” yang mendapat penghargaan pertama dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta.

Salah satu karya aslinya “Bip-Bop” sangat terkenal. Pertama kali dipentaskan tahun 1968. Tahun 1988 dipentaskan pula di New York; pada tahun itu pula dipentaskan kembali di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Beberapa karyanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jerman dan Belanda. Tahun 1967 setelah ia kembali dari Amerika sehabis melakukan perjalanan keliling, ia membentuk grup teater yang dinamai Bengkel Teater yang menjadi basis kegiatan seninya. (Biografi WS Renda)

Side A
1. Prakata oleh: Lies Hadi shandy
2. - Sajak Joki Tobing untuk Widuri
- Sajak widuri untuk Joki Tobing
(Duet Puisi Rendra & Lies HS)
3. Doa’a di Jakarta
4. Paman Doblang
5. Sajak Rajawali
6. Sajak Seorang Tua tentang Bandung Lautan Api
7. Hutan Bogor

Side B:
1. - Nyanyian Suto untuk Fatimah
- Nyanyian Fatimah untuk Suto
(Duet Puisi Rendra & Lies HS)
2. Nyai Dasimah
3. Kembali
4. Wanitaku-wanitaku
5. Sajak Burung-burung Kondor
6. Sajak Seorang tua untuk istrinya
8. Kelelawar

Guest star: Lise Hadi Shandy
Ilustrasi Musik: Shandy ASW

Uraian di atas merupakan sebagian dari isi sampul album rekaman KUMPULAN PUISI & SAJAK BERSAMA: RENDRA Produksi PT. Suara Sentral Sejati yang dirilis sekitar tahun 1998.

Ini hanya untuk mengingat kembali karya si Burung Merak yang telah berpulang menemui Sang Pencipta. Agustus 2 tahun yang lalu.

Di bawah ini, teks “Sajak Joko Tobing untuk Widuri” merupakan salah satu dari beberapa puisi & sajak karya WS Rendra yang ada dalam album rekaman KUMPULAN PUISI & SAJAK BERSAMA: RENDRA.
Sajak Joki Tobing untuk Widuri

Dengan latar belakang gubug-gubug karton
Aku terkenang akan wajahmu
Di atas debu kemiskinan
Aku berdiri menghadapmu
Usaplah wajahku, Widuri
Mimpi remajaku gugur
Di atas padang pengangguran
Ciliwung keruh
Wajah-wajah nelayan keruh
Lalu muncullah rambutmu yang berkebaran

Kemiskinan dan kelaparan
Membangkitkan keangkuhanku
Wajah indah dan rambutmu
Menjadi pelangi dicakrawalaku

9 Mei 1977
(Nusantara Film Jakarta)

Ada dua karya WS Renda (Sajak Rajawali dan Paman Doblang) yang sebelumnya telah menjadi bagian dari album Kantata Takwa.

Kalau sobat merasa rindu akan suara WS Renda. Silahkan simak salah satu dari karyanya dalam album rekaman KUMPULAN PUISI & SAJAK BERSAMA: RENDRA



Salam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar