Selasa, 20 Maret 2012

Beberapa Penyebab Ledakan pada Knalpot Motor Matic

Pernahkah kalian merasa kaget saat secara tiba-tiba terdengar ledakan dari sepeda motor yg sedang melintas?
Atau bahkan hal seperti itu pernah terjadi pada sepeda motor yg kalian kendarai?



Nah...mari kita kenali indikasi-indikasinya disini.
Gejala knalpot nembak biasanya terjadi saat gas di tutup penuh secara cepat saat motor di jalankan, gejala seperti ini sering disebabkan karena tidak normalnya suplay bahan bakar, system pengapian atau bisa karena system pembuangan. dan jika di biarkan hal seperti itu akan berdampak lebih parah pada sepeda motor.

Adapun faktor penyebab Knalpot nembak di 3 system itu diantaranya sebagai berikut:

1. Suara ledakan bisa muncul akibat ada kerusakan pada bagian penyuplai udara bersih ke ruang bakar. seperti ausnya air screw pada karburator yang berimbas campuran udara dan bahan bakar jadi tidak normal.

2. Busi bisa menyebabkan timbulnya suara ledakan, lantaran kondisi komponen tersebut yg sudah tdk layak pakai atau sudah mau mati karena usia. Biasanya elektroda busi yang sudah terlalu basah atau banyak kerak sehingga percikan apinya menjadi tidak stabil.

3. Packing knalpot yang sudah rusak.
Hal ini akan membuat celah antara bibir knalpot dengan saluran buang pada mesin. Sehingga gas buang mengalami kebocoran ( biasanya faktor inilah yg sering terjadi ). Perbaikannya adalah dengan mengganti packing tersebut.

4. Mur/baut pengikat knalpot ke mesin tidak kencang,
hal ini sama akan menyebabkan kebocoran pada gas buang.

5. Tak sedikit motor-motor keluaran terbaru sekarang yang mengaplikasi karburator model vakum atau velocity constanly (VC). Mekanisme skepnya digerakkan oleh karet yang mengandalkan kevakuman.
Jadi, jangan biarkan karet tersebut aus karena akan membuat proses kevakuman jadi tidak sempurna.

Itulah sedikit yg bisa saya bagikan hari ini. mungkin masih ada faktor lain selain yang saya tulis di atas, semua tergantung perawatan dan pemakaian.
Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar