Rabu, 21 Maret 2012

Yonif 514 "Bebaskan" Ketua DPRD Jember dari Teroris

Beberapa anggota pasukan Penanggulan Teror (Gultor) Yonif 514/Raider Bondowoso melakukan simulasi pembebasan sandera dari teroris di Kantor DPRD Jember, Jawa Timur, Selasa (20/3). Simulasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan penanggulangan teror dan pembebasan sandera di pusat perkantoran. (Foto: ANTARA/Seno S./Koz/mes/12)

20 Maret 2012, Jember: Pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) 514 Raider Bondowoso membebaskan Ketua DPRD Jember, Jawa Timur, dari serangan teroris dengan menggunakan sebuah helikopter menurunkan anggota Raider di sekitar bundaran DPRD setempat, Selasa.

Hal tersebut merupakan skenario dari simulasi yang dilakukan pasukan antiteror Yonif 514 Raider dalam menyelamatkan Ketua DPRD Jember yang menjadi sandera empat teroris di gedung DPRD setempat.

"Kegiatan simulasi ini merupakan latihan rutin untuk menanggulangi serangan teroris melalui jalur udara dengan menggunakan helikopter," kata Komandan Yonif 514 Bondowoso, Letkol Infanteri Ade Rizal M.

Menurut dia, pasukan yang dilibatkan dalam simulasi tersebut sebanyak 650 orang dengan mengamankan sejumlah objek vital di Kabupaten Jember seperti Gedung DPRD, Bank Mandiri Syariah, Universitas Muhammadiyah, dan Pasar Tanjung.

"Latihan penanggulangan teroris melalui jalur laut rencananya dilakukan di pasir putih Kabupaten Situbondo, dan jalur darat akan dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso," tuturnya.

Untuk menyelamatkan Ketua DPRD Jember, lanjut dia, sejumlah pasukan antiteror terlibat baku tembak dengan teroris dan empat teroris berhasil dilumpuhkan oleh Yonif 514 Raider Bondowoso.

"Para teroris yang melakukan penyanderaan itu berhasil dilumpuhkan hingga tewas dalam operasi penyelamatan yang dilakukan anggota Raider," katanya menjelaskan.

Sementara Kepala Staf Distrik Militer 0824 Jember Letkol Infanteri Junaedi menjelaskan simulasi antiteror merupakan program rutin yang dilakukan Yonif Raider yang memang dilatih untuk menangani terorisme.

"Simulasi penanggulangan terorisme di Jember rencananya dilakukan selama dua hari dengan mengamankan sejumlah objek vital," katanya.

Simulasi yang dilakukan pasukan Yonif 514 Raider Bondowoso di sejumlah lokasi di Kabupaten Jemhber sempat mendapat perhatian dari masyarakat sekitar, bahkan mereka memadati beberapa tempat yang menjadi lokasi simulasi pasukan antiteror.

Sumber: ANTARA Jatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar