Selasa, 27 Maret 2012

KRI Dewaruci Tiba di Mexico


27 Maret 2012, Surabaya: Gaung keliling dunia KRI Dewaruci sudah menggema sejak kapal ini di lepas keberangkatannya oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Soeparno dari Pangkalan Utama TNI AL Koarmatim Surabaya (15/1). Kemudian menuju Jayapura, dari Jayapura langsung menerobos dahsyatnya Samudera Pasifik selama 60 hari sepanjang 7.369 Nm dengan singgah di Republik Marshall, Hawaii, San Diego dan kini tiba di Mexico (26/3) pada jam 09.00 waktu setempat atau 22.00 WIB.

Samudera Pasifik yang diprediksi merupakan etape terberat dalam misi ini, benar- benar terbukti dimana sepanjang perjalanannya Kapal Latih Kadet Akademi TNI AL tertatih-tatih di hantam ombak besar, badai dan kecepatan angin mencapai 30 knot/jam yang selalu menghadang di depannya. Kesemua rintangan dapat diatasi, berkat semangat yang menggelora prajurit – prajurit pilihan yang mengawaki kapal ini, bahkan dari pemimpin TNI Al melalui telepon satelit kapal, juga selalu memberi suport agar lebih semangat pantang menyerah dalam melaksanakan tugas.

Setibanya di Mexico, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto di sambut Duta Besar ( luar biasa dan berkuasa penuh ) LB & BP Mexico Bapak Hamdani Djafar beserta Ibu Titi Suharyati Djafar dan staf kedutaan, Komandan Angkatan Laut Wilayah 6 Manzanillo Rear Admiral Jaimc Mejra Michel, Walikota Manzanillo Ibu Rosario Yeme Lopez dan Wakil Gubernur Colima Lic Rene Rodriquez Herera, serta masyarakat kota Manzanillo yang turut hadir dalam upacara penyambutan yang dilaksanakan di dermaga Pelabuhan Manzanillo.

Sesaat setelah upacara penerimaan di dermaga, rombongan menaiki kapal Dewaruci untuk menikmati suguhan kesenian andalan tari badinding yang ditampilkan oleh prajurit KRI Dewaruci dengan pakaian adat Minangkabau.

Selama di Mexico, beberapa kegiatan sudah tersusun antara lain, kunjungan ke Komandan Angkatan Laut Mexico ( Navy Region VI ) di Manzanillo, diteruskan ke Panglima Armada Pasifica, Walikota Manzanillo dan diakhiri dengan kunjungan ke Gubernur Columa.

Sementara itu, prajurit KRI Dewaruci di saat bersamaan mengadakan pertandingan persahabatan sepak bola di Base Naval Manzanillo dengan Angkatan laut setempat dengan hasil 6-4 untuk kemenangan Angkatan Laut Manzanillo.

Kujungan Komandan Dewaruci didampingi oleh Dubes RI Mexico Bapak Hamdani Djafar dan Atase Pertahanan Laut RI untuk Amerika Serikat Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi. Kunjungan pertama di Pangkalan Angkatan Laut Wilayah 6 Manzanillo diterima Komandan Pangkalan Rear Admiral Jaime Mejra Michel. Kunjungan diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Dubes dan Komandan KRI kepada Komandan Pangkalan Wilayah 6 Manzanillo. Kemudian diteruskan ke Panglima Armada Pasifik Rear Admiral Fretelin dan sfatnya.

Berikutnya, kunjungan ke Walikota Manzanillo yang di terima oleh Rosario Yame Lopes dan kunjungan di akhiri di Gubernur Coloma yang di terima oleh Mario Anguiano. Dalam setiap kunjungannya, baik Dubes maupun Komandan kapal selalu disambut dengan baik atas kerja samanya baik kerjasama diplomatik, perdagangan, pengenalan pariwisata tanah air, budaya dan ke kedepan akan dijajaki oleh Dubes untuk diadakannya kerja sama dalam pendidikan. Karena di Mexico ada Universitas Asia Pasifik yang memungkinkan mahasiswa Indonesia untuk bisa melanjutkan kuliah di Mexico.

Sumber: Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar