Jumat, 16 September 2011

Komentar Diidentifikasi Sebagai Spam

spam
Ada dua komentar yang masuk ke archive69 diidentifikasi blogger sebagai spam.

Menurut kabar berita ada beberapa kriteria dianggap spam, yaitu: penyalahgunaan, berita yang datang bertubi-tubi dan menimbulkan ketidaknyamanan, SARA, mencantumkan 'link promosi', memuat 'link mengarah ke situs dewasa, dan sebagainya.

Setelah mendapat acuan tentang spam, saya coba telaah kembali komentar yang diidentifikasi sebagai spam tadi. Untuk sementara saya menyimpulkan. Secara keseluruhan komentar yang masuk tersebut tidak memuat kriteria sebagai mana yang tertulis di atas.

Untuk memastikan dan tidak membuat keragu-raguan yang bertalian dengan spam. Dalam benak saya timbul pertanyaan, sebagai berikut:
- Apakah komentar yang masuk dalam tempo yang berdekatan dari pengirim yang sama, tetapi berkomentar di posting berbeda. Itu termasuk datangnya secara bertubi-tubi dan bisa dianggap spam?
- Apakah jenis spam di komentar blog sama dengan spam email (bisa menyebarkan virus)?
- Apakah karena berkomentar dalam bahasa daerah, bisa dianggap spam?
- Yang terakhir apabila komentar yang diidentisikasi blogger sebagai spam, tetapi menurut kita bukan spam. Bisa kita publikasikan lagi? Apakah ada efek buruk apabila kita tetap mempublikasikannya?

Saya berharap banyak saran dan masukkan sobat-sobat. Ucapan maaf pula apabila komentar saya di blog sobat-sobat dianggap spam oleh blogger atau google. Tak ada niatan sedikitpun ke arah itu.

salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar