Sabtu, 28 Januari 2012

Bos Facebook Ikut Mengecam RUU SOPA-PIPA


Bos Facebook, Mark Zuckerberg, ikut mengecam rencana pengesahan Undang-Undang Anti-pembajakan Amerika Serikat, Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intelectual Property Act (PIPA). Melalui akun Facebook-nya, pria ini mengatakan dua undang-undang ini lahir tanpa pemikiran matang.

"Facebook menentang SOPA dan PIPA, dan kami akan melanjutkan perlawanan kami terhadap undang-undang mana pun yang akan merusak Internet," kata dia seperti dikutip dari PC Mag, Kamis, 19 Januari 2012.

Zuckerberg mengatakan Internet merupakan alat paling kuat untuk menciptakan keterbukaan dan menyatukan dunia. "Kita tidak bisa membiarkan UU yang dikeluarkan tanpa pemikiran matang mengganggu perkembangan Internet," ujar dia menambahkan.

Ia juga mengatakan bahwa Facebook telah menghubungi para pembuat kebijakan untuk membuat alternatif yang lebih baik dari SOPA dan PIPA, untuk melawan pembajakan. Ia mengajak segenap pengguna Facebook Amerika untuk menghubungi wakil mereka di Kongres dan meminta agar mereka pro terhadap Internet.

Pria yang sudah tiga tahun absen dari Twitter ini, beberapa jam lalu mengirim kicauan berisi tautan tentang tulisannya ini.

Selain tulisan dari Zuckerberg, Facebook mempublikasikan halaman khusus yang menjelaskan pandangan situs jejaring sosial ini terhadap pro-kontra pembajakan online. Dalam tulisan ini Facebook menjelaskan pihaknya memahami bahwa situs asing banyak melakukan pembajakan dan pelanggaran yang mengakibatkan kerugian ekonomi bagi Amerika. 

Namun SOPA dan PIPA dianggap bukan solusi tepat karena menimbulkan dampak negatif pada Internet, terutama karena ada kemungkinan pemegang hak cipta dapat sangat mudah menyerang berbagai situs yang dianggap melakukan pelanggaran.






sumber: http://www.tempo.co/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar