Minggu, 22 Mei 2011

Ini Alasan SBY Emoh Blakblakan Soal Operasi Sinar Kudus

Ratusan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Merah Putih disambut saat tiba di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Minggu ( 22/5). Penyambutan kedatangan Satuan Tugas Merah Putih, seusai melaksanakan misi kemanusiaan menyelamatkan sandra awak Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh Perompak Somalia di Perairan Somalia. (Foto: ANTARA/ Ujang Zaelani/ss/pd/11)

22 Mei 2011, Jakarta (TEMPO Interaktif): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku lega kini bisa berterus terang tentang pengiriman Satuan Tugas Merah Putih untuk operasi pembebasan Kapal Kargo Sinar Kudus dari perompak di perairan Somalia. Soalnya, sudah sekian lama ia harus bungkam tentang misi itu.

"Saya menahan diri selama dua bulan tidak berbicara karena tidak ingin prajurit yang sedang bertugas, jiwa dan raganya dikorbankan," kata Yudhoyono dalam penyambutan Satuan Tugas tersebut di Dermaga Kolinlamil, Ahad, 22 Mei 2011.

Meski dihujani kritik sebagai pemimpin yang lamban, katanya, Yudhoyono tetap harus berdiam diri. "Tidak mungkin saya bilang sudah dikirim seminggu lalu, posisinya di sini, sama saja dengan setor nyawa," ujarnya.

Sejak hari pertama Sinar Kudus dibajak, Yudhoyono mengaku telah dilapori para menterinya. Presiden lantas langsung menggelar lima rapat terbatas berturut-turut untuk menyiapkan pemberangkatan Satuan Tugas untuk pembebasan dari perompak Somalia.

Bahkan, Satuan Tugas pun dibekali dengan persenjataan lengkap untuk melangsungkan operasi militer. Hanya, takdir menggariskan lain. Pemilik kapal memilih membayar tebusan. "Kenapa kita kirimkan kekuatan lebih dari satu batalion, karena kita sudah siapkan segalanya. Operasi dirancang untuk melakukan sesuatu yang lebih dari yang ditakdirkan Tuhan," tuturnya.

Ia meminta para petinggi TNI menceritakan keseluruhan proses kepada masyarakat agar semua orang tahu apa saja yang telah mereka lakukan dalam misi tersebut.

Pimpin Kapal Satgas ke Somalia, Kolonel Ahmad Naik Pangkat

Komandan Gugus Tempur Laut Armada Barat Kolonel Laut Ahmad Taufiqoerachman bakal naik pangkat hari ini. Ia dianggap berjasa dalam menjalankan tugasnya sebagai Komandan Satuan Tugas Duta Samudera I/2011, bagian dari Satuan Tugas Merah Putih yang melakukan operasi pembebasan kapal kargo MV Sinar Kudus di perairan Somalia, April lalu. Satgas Merah Putih dipimpin oleh Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal (Mar) Alfan Baharudin.

"Penyematan tanda pangkatnya dalam acara nanti," ujar Kepala Sub Dinas Penerangan Umum Angkatan Laut Kolonel Laut Rony E. Turangan di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Ahad 22 Mei 2011.

Hari ini, di dermaga Kolinlamil akan digelar acara penerimaan Satgas Duta Samudra. Tiga KRI merapat secara berurutan, yakni KRI Abdul Halim Perdanakusuma, KRI Yos Sudarso, dan KRI Banjarmasin. Tiga KRI ini berangkat ke Somalia di bawah komando Ahmad Taufiqoerachman.

Dalam acara inilah Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono akan meminta izin kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyematkan tanda pangkat satu tingkat lebih tinggi. Pangkat Ahmad naik menjadi Laksamana Pertama.

Dalam acara yang dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB tersebut, Agus dan Ahmad masing-masing akan memberikan laporan kepada Yudhoyono. Slamet Juhari, kapten kapal kargo Sinar Kudus yang dibebaskan dari tangan perompak, serta Ketua Solidaritas Pelaut Indonesia juga akan memberikan sambutan di acara ini. Puncaknya, Presiden Yudhoyono juga akan memberikan sambutannya di hadapan hadirin.

Sumber: TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar