Selasa, 10 Mei 2011

Asops Danlantamal V Sambut kedatangan USS Guardian


10 Mei 2011, Surabaya (Dispen Lantamal V): Asisten Operasi (Asops) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Kolonel Laut (P) Maman Firmansyah menyambut kedatangan Kapal Perang Amerika USS Guardian-5 di Dermaga Gapura Surya, Surabaya, Selasa (10/5). Hadir pula pada kesempatan itu, Dansatkamla Lantamal V Letkol Laut (P) Eko Vidiyantho, Kadissyahal Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko, Dantim Intel Lantamal V Letkol Laut (E) Yudhi Mardhiyono serta perwira staf Lantamal V lainnya.

USS Guardian-5 mengadakan kunjungan ke Kota Pahlawan dalam rangka mengadakan latihan bersama (Latma) Penyapuan Ranjau dengan Satuan Kapal Ranjau (Satran) Komando Armada RI Wilayah Timur (Koarmatim). Rencananya USS Guardian berada di Surabaya selama kurang lebih enam hari hingga 16 Mei 2011 mendatang.

USS Guardian (MCM-5). (Foto: US Navy)

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama merapat di Surabaya, di antaranya yaitu mengadakan rapat koordinasi dengan Perwira Satran Koarmatim, kunjungan kehormatan ke Pangarmatim Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto, ke Danlantamal V Laksamana Pertama TNI M. Atok Urrahman, kunjungan kehormatan ke Walikota Surabaya, melaksanakan seminar dengan perwira TNI AL, mengadakan kunjungan ke KRI Pulau Rengat-711, open ship di atas USS Guardian untuk Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) dan SMA IPEM, undangan makan siang di USS Guardian, olahraga bersama, juga menerima kunjungan dari Cadet AAL dan masih manyak kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan di Surabaya.

Kapal perang Amerika ini dibuat pada tahun 1985 tepatnya pada tanggal 8 Mei 1985, dengan jenis Kapal anti peperangan ranjau , berat 1.389 ton, panjang 68 meter, lebar 12 meter,Draf 4,0 meter, system pendorong 4 kali mesin diesel 2 kali controllable/reversible pithch propellers, 2 kali daun kemudi dan 2 kali light-load electric motor, dengan kecepatan 14 knot (26 Km/jam, 16 mil perjam). USS Guardian ini di Komandani oleh Lieutenat Commander Kenneth R. Brown dengan ABK berjumlah 81 personel, terdiri dari enam perwira, dan 75 anggota.

Setibanya di Dermaga Komandan USS Guardian beserta perwira stafnya disambut dengan tarian Jejer Jaran Dahau yaitu tarian yang berasal dari Daerah Banyuwangi pimpinan sanggar tari Ani Dancer. Tarian ini menggambarkan prosesi menyambut kedatangan tamu agung atau tamu yang dihormati dan sebelum tari-tarian dimulai dengan pengalungan bunga.

Sumber: Lantamal V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar