Jumat, 21 Januari 2011

Wamenhan RI Menerima Dirjen Kebijakan Keamanan Kemenlu Norwegia


19 Januari 2011, Jakarta -- (DMC): Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) Sjafrie Sjamsoeddin menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebijakan Keamanan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Norwegia Steffen Kongstad, Rabu (19/1) di kantor Kemhan, Jakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam rangka mempererat hubungan kerjasama kedua negera khususnya di bidang pertahanan.

Dirjen Kebijakan Keamanan Kemenlu Norwegia menyampaikan keinginan Norwegia untuk mengembangkan kerjasama dengan Indonesia yang merupakan negara kunci di kawasan Asia Tenggara. Menurutnya keinginan tersebut dilatarbelakangi karena adanya beberapa perkembangan situasi global terutama terkait dengan adanya sejumlah konflik yang terjadi di Asia.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Wamenhan RI menyampaikan bahwa Indonesia pada tahun 2011 ini mendapat giliran menjadi Ketua ASEAN, sehubungan dengan itu juga Kementerian Pertahanan RI menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) kelima.

Dijelaskannya bahwa dalam pertemuan ADMM kelima tersebut nantinya akan dibicarakan sejumlah isu terkait dengan peningkatan hubungan kerjasama pertahanan diantara negara –negara di kawasan ASEAN diantaranya di bidang peace keeping operation (operasi pemelihara perdamaian) dan penanggulangan bencana.

Wamenhan lebih lanjut menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sangat fokus dalam upaya meningkatkan peran TNI dalam peace keeping operation. Sebagai wujudnya, saat ini Indonesia sedang membangun peace keeping center.

Turut mendampingi Wamenhan dalam pertemua tersebut antara lain Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan Mayjen TNI Puguh Santoso ST. M.Sc, dan Staf Khusus Menhan Bidang Kerjasama Internasional Soemadi D.M. Brotodiningrat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebijakan Keamanan Kementerian Luar Negeri Norwegia didampingi oleh Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Eivind S. Homme.

Sumber: DMC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar