Senin, 28 Mei 2012

10 Fakta Unik Kualifikasi Euro 2012



Pagelaran kualifikasi piala eropa 2012 sudah memasuki babak terakhir, yaitu babak play off. Putaran final piala Eropa 2012 pun tak lama lagi akan diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina. 10 tim diluar polandia dan Ukraina sudah memperoleh tiket putaran final melalui babak normal Kualifikasi Piala Eropa 2012.

9 pemuncak group kualifikasi ditambah satu runner-up terbaik memastikan secara langsung hak mereka lolos ke putaran final euro 2012. Sedangkan 8 runner up lainnya akan memperebutkan 4 tiket sisa. Berikut ini adalah 10 fakta yang tak mungkin dilupakan dari pagelaran Kualifikasi Piala Eropa 2012


1. Terjadi 240 Pertandingan.


Mulai dari tanggal 2 September 2010 sampai 11 Oktober 2011 pagelaran kualifikasi Euro 2012 telah menampilkan 240 pertandingan mulai dari group A sampai group I. Pertandingan berlangsung home-away bagi masing-masing tim.


2. Tiki Taka Spanyol


Selama kualifikasi, Spanyol tercatat sebagai tim dengan rata-rata prosentase ball possession tertinggi, yakni 75%. Di urutan kedua setelah Spanyol adalah Italia (72%).

Gol pertama Spanyol saat mengalahkan Skotlandia dicetak oleh David Silva setelah melalui total 41 umpan tanpa putus dari pemain-pemain Spanyol. Gaya tiki-taka ini merupakan jumlah umpan beruntun tertinggi yang menjadi gol di kualifikasi Piala Eropa 2012.


3. Tak Terkalahkan


Selama babak kualifikasi tercatan ada 5 tim yang tak pernah menelan kekalahan. Tim tersebut adalah Spanyol, Italia, Inggris, Yunani dan Jerman. Namun hanya Jerman dan Spanyol lah yang mampu membukukan 100% kemenangan.


4. Swedia Terbaik Inggris Terburuk.

Meskipun Swedia lolos langsung ke Euro 2012 sebagai runner up terbaik tidak serta merta prestasi mereka dibawah jawara grup lainnya. Dengan 24 poin yang dikumpulkan mereka mampu menjadi juara grup andai berada di grup B, D, G, atau H.

Sedangkan sebagai jura grup, Inggris juga tidak serta merta lebih baik ketimbang Runner Up grup lain. Dengan 18 poin, Inggris menjadi juara grup dengan poin tersedikit.


5. Keganasan Si Pemburu

The Hunter adalah julukan bagi striker Klas Jaan Huntelar. Tampil tidak mengesankan di klub tidak membuatnya di kesampingkan oleh pelatih Belanda Bert Van Warwijk. Berbekal kepercayaan Van Warwijk, The Hunter mampu memasukkan 12 gola ke jala lawan sekaligus menjadi top scorer babak kualifikasi Euro Cup 2012.


6. Mesut Ozil, Sang Pengumpan

Kegemilangan Mesut Ozil bersama real madrid berbuah prestasi di timnas senior Jerman. Pemain beragama Islam ini berhasil memanjakan rekan-rekannya dengan 7 assist yang berbuah goal. Ini sekaligus menjadikan Ozil pemberi assist terbanyak di pagelaran kualifikasi Euro 2012.


8. Uniknya Tim Denmark

Saat menghadapi Portugal, Denmark mampu unggul 2-1. Salah satu golnya dicetak oleh Nicklas Bendtner. Striker Arsenal yang dipinjamkan ke Sunderland ini selalu mencetak goal di 4 kali pertemuan the Dinamit dan Portugal.

Saat pertandingan yang berkesudahan 2-1 untuk tim Denmark ini ketiga pemain pengganti mereka bernama belakang pulsen. Mereka adalah Christian Poulsen, Simon Poulsen, dan Jakob Poulsen.


9. Italia Paling Sedikit Inggris Terbanyak

Soal penonton holigan Inggris memang tidak ada duanya. Selama babak kualifikasi rata-rata 99.000 holigan hadir di stadion untuk medukung the three lions. Berkebalikan dengan Inggris, Tifosi Italia justru kehilangan keganasannya dalam urusan jumlah penonton. Rata-rata hanya 19.000 penonton yang hadir di stadion untuk mendukung tim Azzuri. Faktor paling kuat yang menyebabkan sedikitnya penonton timnas Italia adalah lawan-lawan tim Azzuri yang cukup ringan.


10. San Marino = 0

San Marino memang selalu menjadi bulan-bulanan di ajang internasional. Selama pagelaran kualifikasi Euro 2012 saja merekan bahkan tak pernah mencetak gol sama sekali. Dengan kebobolan 53 kali merekan menjadi tim paling lemah di daratan Eropa.


NB: Setelah membaca artikel diatas jangan lupa memberikan like'nya ya sobat!!! :-) Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar