Selasa, 16 Agustus 2011

Dampak Negatif Main Game


Segala sesuatu pasti ada untung ruginya bukan? sama juga dengan bermain game, untuk para gamers yang addict banget, pasti kerasa banget tuh akibatnya, well, saya disini mau memberi tahu dampak apa aja sih kalo kita ngegame, dan juga cara mengatasinya :)


1. TOO ADDICT : yah, namanya kalo lagi seru serunya ga bakalan mikirin hal lain, terlalu addict dalam bermain game bisa berbahaya loh, di antara lain jadi lupa makan sama tidur, kerjaannya bergadang terus (merembet ke kesehatan juga), jadi lupa beribadah, khususnya agama islam yang harus solat 5 waktu, gak bisa konsentrasi dalam pelajaran, lagi belajar matematika bahas lingkaran malah ngehayal PES :P

--Cara Mengatasi : Batasi jam bermain anda, cari hobby lain selain main game, contohnya olahraga atau hangout bareng temen. bisa juga minta bantuan temen/pacar ato orang tua untuk ngingetin kita kalo udah waktunya beribadah atopun makan. dan juga, simpen air minum sama cemilan di deket komputer jadi bisa main sambil ngemil.

2. MATA : Waduh, ini nih yang kena dampak langsung dari main game, mata jadi terlalu letih serta kering, kita jadi sering pusing, mata panas, yang ujung ujungnya bikin mata minus, jadinya harus pake kacamata deh. 

--Cara Mengatasi :  Duduknya jangan terlalu deket ke monitor apa lagi kalo di dempetin :P, posisi kepala kita harus berada di belakang keyboard, jangan di tengah tengah keyboard ama monitor, bahaya tuh. Cara duduk yang baik itu bukan 45 ato 90 derajat, tapi 130 derajat, alis kita nyender ke belakang.

3. TELINGA : Kadang, game bisa ngerusak pendengaran kita, kalo misalkan kita pake Headset, misalnya main guitar hero pake HS, suara mendukung, keyboard serasa jadi gitar, dan kita kebawa suasana banget volume di set full, biar serasa manggung :D

--Cara Mengatasi : Lebih baik main dengan menggunakan Speaker, dari pada HS, ngatur suaranya juga jangan serasa konser band, atur suaranya cukup sampe kedenger jelas aja. 

4. ANTISOCIAL : Para gamer biasanya cuman duduk manis di depan komputer, temen cuman di dunia maya yang kagak tau itu siapa aslinya, bisa aja teroris yang iseng main game ato engga anggota NII yang mo cuci otak kita lewat game :P. well karena kita cuman main komputer otomatis temen kita itu itu doang.

--Cara Mengatasi : Kalo main game Online sebaiknya jangan  cuman main doang tapi cobalah chat dengan mereka siapa tau enak di ajak temen, ato engga kalian ikut ama clan/guild lalu bikin acara ketemuan dan lainnya, Ikutan Hangout bareng temen temen sekolah ato kelas harus banget tuh, bisa juga ikutan organisasi di sekolah. 



5. PEGAL : ini nih, penyakit yang paling sering di derita para gamers. Gara gara duduk lama terus, badan kaku, enggak gerak gerak. Bagian tubuh yang pegal yaitu tangan, leher, pundah, pinggang, dan juga daerah kaki.

--Cara Mengatasi : batasi jam bermain kalian, jangan melebihi 4-5 jam. alternativ lain, setiap 30 menit atau 1 jam sekali, kalian berdiri, lalu jalan jalan terlebih dahulu, setelah itu bisa kembali bermain. lebih baik lagi apabila setiap istirahat diselingi dengan pemanasan/peregangan tubuh, seperti dalam gerakan senam.

6. CTS : Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang menyebabkan tangan terasa nyeri di karenakan syaraf tangan menyatu di bagian pergelangan.Apabila udah makin parah, tangan bisa menderita kelumpuhan.

--Cara Mengatasi :  cara untuk mengatasi CPS mirip dengan mengatasi pegal, karena CPS adalah tingkatan lanjut dari pegal pegal.











Olahraga Peregangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar