Jumat, 11 November 2011

Nasi "Tutug Opak" Opaknya Asli Produk Conggeang

opak
Makan dengan nasi tutug opak kebiasaan saya semasa kecil. Hehehehe... Sekarang pun saya tak pernah bosan menyantap tutug opak. Apalagi opak yang dibakarnya sedikit gosong (opak tutung). Seperti gambar di samping (tapi itu juga tergantung selera). Yang pasti tutug opak kaya akan kandungan karbohidrat.

Cara membuatnya sangat sederhana, nasi digalo/dicampur opak yang sudah ditumbuk menjadi bagian-bagian kecil atau dirames, tambahan sedikit garam. setelah selesai mengolahnya akan terasa nikmat langsung dimakan, opaknya masih terasa renyah.

Opak adalah penganan bakar berbahan baku beras ketan. Dahulu opak merupakan hidangan pada acara hajatan atau perayaan hari-hari besar. Tapi sekarang opak diproduksi terus menerus dan dipasarkan secara luas. Mudah didapat. Jadinya tutug opak bukan hanya menu makan urang lembur (kampung). Yang tinggal diperkotaan pun bisa membuat tutug opak ini.

Kampung kami (Conggeang) merupakan sentranya perajin opak di Kabupaten Sumedang. Salah satunya opak ketan bakar asli produk Conggeang, berlabel OPAK NIA.

salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar