Jumat, 10 Agustus 2012

Kaburo Yoroi Tsukuri, Jubah Perang Samurai Jepang

INFO UNIK - Kaburo Yoroi Tsukuri, Jubah Perang Samurai Jepang - Secara bahasa Kabuto dapat diartikan sebagai Helm Perang. Biasanya helm ini dihias secara rumit. Pada masa kamakura dan masa heinan, helm ini dirancang untuk melindungi dari serangan panah. Ada banyak teknik yang digunakan pada helm ini, salah satunya adalah dengan membuatnya dalam beberapa lapisan, teknik ini disebut hachi mai Bari.

Tsukuri adalah tindakan yang diambil setelah lawan tidak seimbang.
Yoroi Berarti Pelindung..


Kabuto yoroi tsukuri ini adalah jubah perang Samurai jepang. Biasanya yang memakai jubah ini adalah Samurai yang memiliki kedudukan tinggi.

Beberapa sumber mengatakan helm dan jubah perang ini terinspirasi oleh Helm perang yang dipakai oleh Masamune Date seorang samurai lengendaris.
Kabuto ini memiliki beberapa bagian, yaitu:
- Hachi, yaitu pelindung puncak kepala.
- Shiroko, yaitu rangkaian/piringan yang disusun vertikal untuk melindungi bagian leher.




Kabuto ini memiliki harga yang sangat mahal ( ada uang ada barang ada kualitas). Biasanya dipakai oleh Komandan, atau kepala Klan.

Updated:
Kabuto biasanya dibangun dari 3 hingga lebih dari seratus logam piring/plat, yang digabungkan bersama bersama. Piring/plat biasanya diatur secara vertikal, dan memancar dari pembuka di atas disebut "tehen" atau "hachiman-za" (tempat duduk dari dewa perang, Hachiman). Awal tujuan tehen adalah untuk melindungi. Walaupun ini adalah sebagian besar penggunaan ditinggalkan setelah periode kamakura-muromachi, tehen tetap sebagai fitur yang paling penting bagi kabuto, dan dihiasi dengan "tehen kanamono", atau cincin dari logam lunak di sekitar pembukaan tehen (untuk unsur keindahan).

Kabuto biasa dipakai dengan Jubah perang lengkap yoroi, dan menpo


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar