Rabu, 22 Agustus 2012

Inilah Misteri Atari Landfill

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Inilah Misteri Atari Landfill - Siapa bilang tidak ada misteri di Industri Video Game, Atari Landfill merupakan salah satu misteri yang menarik untuk diketahui.

Diberitakan pada awal tahun 80-an popularitas dunia konsol gaming berkurang karena kualitas video game yang dibuat pada erea tersebut. Pertanda pertama adalah kegagalan Pacman versi Atari 2600, awalnya Atari yakin bahwa Pacman versi Atari 2600 akan sukses dipasaran dan bahkan mereka telah membuat 12 juta keping kaset Pacman pada tahun 1982 (pada saat itu hanya 10 juta orang yang memiliki konsol Atari).

Atari berani melakukan hal tersebut karena kepopuleran PacMan yang mendunia. Namun karena ditinggal banyak programmer utamanya yang tidak puas dengan manajemen Atari yang baru, game yang dibuat tersebut memiliki kualitas yang sangat jelek dan hanya terjual 7 juta keping saja.



Pada masa itu pula dibuat film apik arahan Steven Spielberg yang sukses berjudul E.T., tanpa pikir panjang dan tanpa belajar dari pengalaman Atari kembali mencoba mencuri kesuksesan film tersebut dengan membuat gamenya. Namun harapan atas kesuksesan langsung sirna karena 5 juta keping kaset E.T. yang telah diedarkan, dikembalikan lagi ke pada Atari oleh para distributor karena tidak laku dijual.

Secara kasarnya ada sekitar 10 juta keping kaset pacman dan E.T. yang dikembalikan pada Atari. Berbagai cara dilakukan untuk menjualnya namun karena gagal, mau tak mau Atari harus membuang game tersebut. Dikabarkan bahwa Keping keping game tersebut di buang di daerah New Mexico dengan menggunakan 14 truk, keping keping game itu dikubur dengan semen untuk mencegah hal-hal tak diinginkan terjadi.



Tempat tumpukan kaset yang disembunyikan itulah yang disebut "Atari Landfill", namun masih banyak yang mempertanyakan apakah cerita ini hanya lah legenda atau memang sebuah berita aktual. Banyak para pencari misteri mulai menemukan fakta bahwa hal tersebut memang terjadi, bahkan Walikota Alamogordo New Mexico pada tahun 2005 Donald E. Carrol telah mengakui bahwa dia sempat menyaksikan langsung aksi Atari membuang “sesuatu” pada saat dia belum menjabat sebagai mayor pada saat itu. Bahkan ada investigasi yang telah sampai pada lokasi pembuangan yang terletak pada 500 S White Sands BlvdAlamogordo, New Mexico.

Misteri Atari Landfill inilah yang menjadi simbol atas era industri video game amerika paling parah yang pernah ada.


Kemungkinan Lokasi

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar