Jumat, 17 Agustus 2012

Goliath, Tank Mini Penebar Teror Kematian Massal

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Saat perang dunia ke II ada satu tank milik jerman yang cukup ditakuti oleh sekutu,tank ini memiliki ukuran mini, bahkan mungkin tank terrkecil yang pernah dibuat militer, namun tank ini dapat meledakan diri dengan daya ledak yang cukup besar



Tank Goliath,memiliki nama jerman Leichter Ladungsträger Goliat (. Sd.Kfz 302/303a/303b) - adalah remote control tank Jerman juga dikenal sebagai tank "kumbang" untuk Sekutu.
dibuat oleh Wehrmacht selama Perang Dunia II, ukuran tank "kumbang" adalah sekitar 4 kaki (1,2 m) panjang, 2 kaki (0,61 m) lebar, dan 1 kaki (0,30 m) tinggi.dengan berat 75-100 kilogram (170-220 lb) ,mengandung bahan peledak tinggi yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai tujuan ganda, seperti menghancurkan tank, mengganggu formasi infanteri padat, dan pembongkaran bangunan dan jembatan.


Pada tahun 1940 akhir, diawali dengan rancangan desainer kendaraan bersenjata Perancis Adolphe Kégresse,kantor persenjataan Wehrmacht itu diarahkan Carl FW perusahaan Borgward otomotif Bremen Jerman, untuk mengembangkan sebuah kendaraan yang membawa minimal 50 kg bahan peledak. Hasilnya adalah SdKfz. 302, yang disebut Ladungsträger Leichter ('pembawa muatan ringan'), atau Goliath, yang membawa 60 kg bahan peledak. Kendaraan itu dikemudikan jarak jauh melalui kotak kontrol joystick, yang melekat pada Goliat dengan kabel telepon triple-untai terhubung ke bagian belakang kendaraan. Dua dari untaian digunakan untuk memindahkan dan mengarahkan Goliath, yang ketiga digunakan untuk peledakan.

Goliath memiliki 650 m kabel. Setiap Goliath digunakan hanya untuk sekali pakai, yang dimaksudkan untuk diledakkan dengan target. Awal Goliat model yang digunakan sebuah motor listrik, tetapi, karena ini mahal untuk membuat (3000 Reichsmarks) dan sulit untuk memperbaiki di lingkungan pertempuran, kemudian model (dikenal sebagai SdKfz 303.) Menggunakan mesin, bensin sederhana namun lebih handal




pasukan sekutu bersama goliath yg tertangkap !:

Goliath digunakan di semua lini dimanamana Wehrmacht berjuang, dimulai pada musim semi 1942. Mereka digunakan terutama oleh Panzer elite dan unit-unit tempur insinyur. Goliath digunakan paling terkenal dalam Pemberontakan Warsawa tahun 1944, sebagai unit Wehrmacht dan SS dikerahkan untuk menghancurkan perlawanan sengit oleh Angkatan Darat Polandia (Armia Krajowa). Sedangkan Polandia hanya sejumlah kecil senjata anti-tank, relawan Polandia sering dikirim untuk memotong kabel perintah dari Goliat sebelum mencapai target yang diinginkan.Beberapa Goliath juga terlihat di pantai Normandia pada saat "D-Day" pertempuran , meskipun sebagian besar tidak sukses diledakan karena para artileri memutuskan kabel perintah Goliath sehingga tidak dapat menerima perintah dari komando pusat.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar