Selasa, 03 Juli 2012

Satfib Koarmatim Gelar Latihan Anti Terorisme


3 Juli 2012, Surabaya:Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Timur (Satfib Koarmatim) menggelar latihan Visit Boarding Search and Seizure (VBSS), Selasa (3/7). Latihan pembekalan dalam menyongsong tugas kedepan ini, dibuka oleh Komandan Satfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi bertempat di Satfib Koarmatim, Ujung, Surabaya.

VBSS merupakan salah satu materi atau bekal khusus bagi personel TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pemeriksaan di laut dengan resiko dan tanggung jawab tinggi dalam menegakan hukum laut di wilayah yuridiksi nasional. Kemampuan VBSS menjadi sangat penting bagi setiap tim pemeriksa kapal di laut untuk menghadapi segala jenis dan tingkatan permasalahan tindak pidana yang dihadapi oleh setiap petugas pemeriksa kapal di laut.

Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tim VBSS unsur Satfib Koarmatim untuk mendukung kesiapan operasional kapal dalam menghadapi berbagai tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut serta segala kemungkinan kontigensi yang terjadi.

Dengan diadakanya latihan semacam ini, diharapkan terbentuknya tim pemeriksa kapal yang mampu melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan yang benar sesuai dengan prosedur, tim pemeriksa kapal mampu menguasai teknik dan taktik dasar infiltrasi keatas kapal serta pertempuran jarak dekat, tim pemeriksa mampu memahami tindakan penanganan terhadap tawanan atau musuh yang tertangkap.

Setiap personel pemeriksa dalam latihan VBSS ini, diharapkan mampu menguasai materi latihan yang meliputi Close Quarter Combat (CQC), Hook and Climb, Ship Movement, Prisoner Handling, Mission Planning, Medical Evacuation. Latihan yang melibatkan unsur-unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di jajaran Satfib Koarmatim itu diikuti oleh 126 personel. Latihan berlangsung mulai tanggal 27 Juni, dan berakhir 6 Juli 2012.

Peserta latihan menggunakan senjata organik serbu AK-47 buatan Rusia. Lokasi latihan disekitar Pangkalan TNI Angkatan Laut Koarmatim, Ujung, Surabaya. Latihan dengan metode teknis dan taktis perorangan dan tim, yang mengedepankan teori dan praktek.

Sumber: Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar