Rabu, 20 Juni 2012

Taruna Akmil dan Akpol Saksikan Demo Satkopaska Koarmatim


20 Juni 2012, Surabaya: Sebanyak 815 Taruna Akademi TNI dan Akpol terpukau pada saat menyaksikan demonstrasi pembebasan sandera yang dilakukan oleh pasukan khusus TNI AL Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim yang digelar di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (20/6).

Unjuk kebolehan yang dilakukan oleh Satkopaska Koarmatim tersebut yaitu pembebasan sandera dari aksi tindak kejahatan dan terorisme di laut Maritime Interdiction Operation (MIO) yang dilaksanakan oleh tim Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) Satkopaska Koarmatim.

Aksi penyergapan terhadap kawanan perompak itu dilaksanakan dari laut dan udara menggunakan kendaraan tempur atas air dua Sea Rider dan Combat Boat milik Kopaska. Dengan bersamaan tim kopaska yang berada di Sea Rider melakukan boarding ke atas kapal, sedangkan beberapa tim Kopaska yang lain melaksanakan atraksi droping pasukan dari udara ke laut (Helly Water jump) menggunakan Helikopter jenis Bell NV-417 dari Puspenerbal Surabaya dan droping pasukan melalui  kapal cepat. Pada saat yang sama di perairan selat madura beberapa kapal perang Koarmatim membentuk formasi dengan melaksanakan manufra taktis di laut.

Para Taruna Akademi TNI dan Akpol itu dapat menyaksikan aksi sekilas pertempuran laut dari atas geladak KRI dr. Soeharso-990.

Setelah menyaksikan unjuk kebolehan prajurit Kopaska ditengah laut, para Taruna Akademi TNI dan Akpol kembali dapat menyaksikan aksi pertempuran kota (Urban Warfare) di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya.

Suguhan atraksi dari jajaran dan unsur Koarmatim itu merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut kedatangan 815 Taruna Akademi TNI dan Akpol yang melaksanakan kegiatan Bhineka Eka Bhakti Akademi TNI dan Polri tahun 2012 di Koarmatim.

Ke 815 Taruna tersebut, terdiri dari 420 Taruna Akademi TNI dan 395 Taruna/Taruni Akpol. Selama di Koarmatim para Taruna dan Taruni itu juga berkesempatan melihat langsung beberapa kapal perang yang sedang bersandar di Dermaga Koarmatim, menyaksikan sekilas tentang profil Koarmatim, menyaksikan pameran seragam (uniform) personel dan persenjataan dari satuan-satuan yang ada di jajaran Koarmatim serta pertunjukan seni musik Armatim Country Band.

Puncak dari kegiatan Taruna Akademi TNI/Polri Bhineka Eka Bhakti di Koarmatim yaitu pengarahan dari Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum di Gedung Panti Cahaya Armada (PTA) Koarmatim Ujung.

Bhineka Eka Bhakti, merupakan kegiatan integratif Taruna Akademi TNI dan Akpol yang bertujuan meningkatkan jiwa dan semangat integrasi para Taruna, serta memberikan pembekalan kepada mereka tentang tugas, fungsi, dan ciri khas dari ke tiga angkatan dan Polri, khususnya dilingkungan kesatuan yang kelak akan menjadi medan penugasan para Taruna setelah lulus dari akademi masing-masing.

Kegiatan Bhineka Eka Bhakti dilaksanakan di lima wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu di Yogyakarta, Kartasura, Madiun, Surabaya, dan Malang. Dalam kegiatan ini Para taruna dan Taruni mendapat pengenalan ketiga matra TNI yaitu darat, Laut dan Udara.

Sumber: Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar