Kamis, 14 Juni 2012

8 Virus Komputer yang Fenomenal

TEKNOLOGI - Bagi pengguna komputer Windows pasti pernah menghadapi tipe program yang sangat menjengkelkan ini, yaitu virus. Yups virus sangat menjengkelkan karena sifatnya yang merusak, dokumen-dokumen kerja yang sudah dipersiapkan susah payah pun bisa hilang dalam sekejap. Sekarang dengan semakin canggihnya teknologi, muncul ribuan varian virus baru setiap hari, diantaranya buatan lokal. Nah kali ini kita akan membahas 10 virus fenomenal, kenapa disebut fenomenal, yuk simak saja.


Brain (1986)

viruses-brain-avinash-meetoo.jpg

Pembuat virus pertama bukan berasal dari Amerika namun justru dari Pakistan,Basit dan Amjad Farooq Alvi adalah seorang programer yang kesal karena produknya sering dibajak, lalu mereka menciptakan program yang seharusnya bisa mencari dan merusak program bajakan, namun hasilnya ternyata Brain mampu merusak program sekaligus menduplikatkan dirinya di komputer user.Brain bekerja dengan mengubah sektor boot dari disket. Ketika sebuah disketyang terinfeksi dimasukkan ke komputer, Brain menginstal dirinya di memori komputer, kemudian dia akan menginfeksi dirinya ke disket baru. Dan ternyata tidak sulit mencari siapa pembuat Brain karena duo Pakistan tersebut menulis nama dan alamat mereka pada program tersebut bertujuan untuk menawarkan jasa membersihkan komputer dari virus buatan mereka sendiri.


Christmas Tree (1987)

viruses-christmas-exec-sophos.jpg

Sebuah keisengan yang berbuah bencana, Pohon Natal Exec adalah sebuah script yang berjalan di bawah bahasa REXX dan melakukan dua hal sederhana:menggambar pohon Natal, menggunakan teks untuk grafis, dan kemudianmengirimkan salinan dirinya ke semua orang dalam daftar kontak email target.Awalnya muncul pada EARN, Jaringan Penelitian Akademik Eropa, dan menyebar dengan cepat ke US Equivalent Bitnet. Infeksi lalu melompat ke IBM internal Vnet, program ini mengambil keuntungan dari kebiasaan IBM memiliki buku alamat yang besar. Virus ini bertahan selama enam hari di Bitnet dan hanya empat hari diVnet, di mana ia akhirnya dihapus dengan jalan menutup seluruh jaringan.


Morris worm (1988)

viruses-robert-tappan-morris-2.jpg

Malware pertama yang akan disebarkan secara luas melalui internet, Morris Wormatau Great Worm menyerang sekitar 6.000 dari 60.000 komputer di internet pada tahun 1988.
Robert Morris seorang mahasiswa di Cornell University, menyatakan bahwaWorm-nya itu tidak berbahaya, tetapi dirancang untuk mengukur ukuran internet.Lainnya mengambil pandangan yang berbeda, karena Worm ini memanfaatkan celah keamanan di Batch Unix untuk melancarkan serangan secara diam-diam.

Hal ini tentu tidak diinginkan, karena jauh lebih agresif untuk membuat salinan dari dirinya sendiri daripada seharusnya, sering menginfeksi mesin beberapa kali,menjadikan komputer target serangan denial-of-service yang kuat. Morris menjadi orang pertama yang dihukum di bawah 1986 US Computer Fraud and Abuse Act (Undang-undang penyalahgunaan Komputer), dan insiden itu menyebabkanpembentukan Computer Emergency Response Team Coordination Center, CERT/CC.


Melissa (1999)

viruses-melissa-jr-whipple.jpg

Pertama muncul di dokumen yang diposting ke newsgroup Usenet alt.sex, Melissa menjanjikan akan memberikan 80 password situs porno, namun alih-alih memberikan password, program ini malah akan menggandakan dirinya ke 50 orang daftar teman yang ada di komputer. Virus ini membuat banyak sekali email sampah sampai-sampai administrator komputer perlu mematikan sementara jaringan internet mereka.


ILOVEYOU (2000)

viruses-iloveyou-f-secure.jpg

Worm ILOVEYOU menyebar sangat cepat dengan memanfaatkan celah di Windows, worm yang juga dijuluki Love Bug ini mengakibatkan kerugian hingga $ 5-10 milliar. Worm karya dua mahasiswa Filipina ini menggunakan Microsoft Visual Basic Scripting, dan bekerja dengan menyerang daftar alamat di Outlook, dan sekaligus merubah registri Windows. Menurut US Army worm ILOVEYOU menyebar 15 kali lebih cepat dari Melissa dan setidaknya menginfeksi 50 juta komputer di seluruh dunia. Sampai-sampai beberapa organisasi besar mematikan jaringan internetnya.


Santy (2004)



Santy menggunakan search engine seperti Google, Yahoo, dan AOL untuk mencari situs-situs dengan software phpBB buletin board kemudian menyerangnya, hanya perlu waktu 3 jam untuk worm ini tersebar ke seluruh dunia. Uniknya seseorang kemudian membuat program anti Santy yang bekerja dengan teknik yang sama seperti Santy menyebar.


Conficker (2008)

viruses-conficker-gppande.jpg

Worm Windows ini juga dikenal sebagai Downadup, menyerang 15 juta serverMicrosoft, menyebabkan masalah operasional untuk militer Inggris, Jerman dan Perancis di antara banyak lainnya. Penggunaan enkripsi dan kode tersembunyimembuat sangat sulit untuk diberantas, karena memiliki revisi konstan: Worm ini mengalami update 5 kali dalam 6 bulan. Update ini menunjukkan perancang Conficker terus mengamati perkembangan pihak-pihak yang berusaha mencegah Conficker menyebar. Sebagai tanggapan, Microsoft mengadakan sebuah kelompok kerja dari perusahaan internet dan pasar keamanan, dan memasanghadiah $ 250.000 untuk informasi yang mengarah pada pembuat Conficker.


Stuxnet (2010)

viruses-stuxnet-wikipedia.jpg

Malware paling canggih yang pernah diamati, ini adalah worm unik yang menyebar melalui Windows dan menyerang industri controller hardware - tetapi hanya konfigurasi tertentu (seperti controller S7-300 Siemens, di atas). Malware ini diduga telah dirancang untuk merusak program nuklir Iran, dan mungkinberhasil. Ketika ia menemukan sistem target, ia mereprograms pengendali motorfrekuensi tinggi untuk beroperasi melebihi spesifikasi yang telah ditetapkan. Hal demikian mengganggu proses industri dengan cara yang sulit untuk di identifikasi.Meskipun penulis Stuxnet tidak diketahui, laporan awal tahun ini mengatakanbahwa malware itu diklaim sebagai sukses dari Angkatan Pertahanan Israel,dalam sebuah video yang ditampilkan di pesta pensiun Staf Umum Kepala Angkatan, Letnan Jenderal Gabi Askenaz

Demikianlah artikel dari Artikel Zamrud Hijau untuk sobat semua...
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar