Kamis, 21 Juni 2012

8 Pemain Yang Mendadak Berganti Posisi Menjadi Kiper

INFO UNIK - 8 Pemain Yang Mendadak Berganti Posisi Menjadi Kiper


1. Jan Koller (musim 2002-2003)



Dalam suatu pertandingan melawan Bayern Munich, Kiper Borussia Dortmund Jens Lehmann dikartu merah pada pertengahan babak kedua, dan Koller berpindah posisi striker ke penjaga gawang, sebelumnya ia sudah mencetak satu gol pada babak pertama. Dia berhasil menepis peluang emas Michael Ballack, sampai pertandingan usai dia tidak kebobolan dan mencetak Clean Sheet. Diapun dianugrahi sebagai Keeper Of The Week Bundesliga.


2. Rio Ferdinand (Perempat Final FA 2007-2008)



Rio Ferdinand menjadi kiper mulai menit 76 karena Tomasz Kuszczak kena kartu merah & jatah pergantian pemain MU habis dalam perempat final FA melawan Portsmouth. Waktu itu MU kalah 1-0 dan gagal lolos ke babak selanjutnya.


3. John O’shea (musim 2007-2008)



Dalam suatu pertandingan liga melawan Tottenham, di tahun 2008,O’shea menjadi kiper pengganti,van der sar sebelumnya main di babak pertama,diganti dengan kuszcak di pertengahan babak,dan MU sudah melakukan pergantian 3 pemain.


4. John Terry (musim 2006/2007)



John Terry menggantikan Carlo Cudicini di masa injury time babak kedua, kiper asal Italia sebelumnya menggantikan Peter Cech yang cedera ketika pertandingan yang baru beberapa detik karena diterjang penyerang Reading, Stephen Hunt (Lutut Hunt masuk ke kepala Cech saat sang kiper sudah memegang bola) Si Cudicini terpaksa harus ditarik keluar lapangan setelah bertabrakan dengan Ibrahim Sonko. Karena kehabisan jatah pergantian pemain Jose Mourinho menunjuk Terry menjadi kiper. Untungnya di sisa pertandingan Reading tak mampu mendekati gawang Chelsea. Skor 1-0 pun bertahan hingga akhir.


5. Francisco Javier Farinos (UEFA Cup 2002)



Dalam pertandingan melawan Valencia,Farinos menggantikan Toldo yang dikartu merah,Farinos berhasil menahan dua peluang dari pemain Valencia,Inter berhasil mengalahkan Valencia dengan skor 1-0.


6. Phil Jagielka (musim 2006)



Sebagai seorang bek, Phil Jagielka mungkin bukan pemain bintang dengan skill menjulang. Namun dia adalah salah satu dari sedikit pemain yang bisa menjebol gawang lawan sekaligus menjaga gawang. Jagielka mencuri perhatian saat menggantikan kiper Paddy Kenny kala Sheffield United menundukkan Arsenal 1-0 di lanjutan Liga Inggris, Sabtu,(30/12/2006)


7. Denilson Martins(berposisi sebagai striker dan bermain di klub korea selatan,Pohang Steelers)



Dalam satu pertandingan,karena kartu merah yang diterima kiper Shin Hwa Yong dan sudah melakukan tiga pergantian pemain, Sergio Farias selaku pelatih menggantikan Denilson sebagai kiper. Dan pertandingan sempat terhenti selama beberapa menit, lantaran Denilson harus mencari kostum penjaga gawang. Beruntung, ofisial Pohang masih memiliki kostum cadangan milik Shin Hwa Yong. Alhasil, selama menjalankan tugasnya mengawal mistar, Denilson harus mengenakan kostum hitam nomor punggung 1, tapi tetap memakai celana nomor 10. Bomber berusia 33 tahun ini ternyata mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Paling tidak, selama 20 menit berdiri di bawah mistar, gawangnya tak kebobolan.

Bahkan, layaknya kiper betulan, dia berhasil melakukan dua kali penyelamatan gemilang. Kepiawaian Denilson ini langsung menimbulkan pertanyaan, apakah sebelumnya dia pernah menjadi penjaga gawang? ”Ya, saya memang pernah menjadi kiper. Ketika itu masih membela Al Shabab, situasinya tidak berbeda jauh dengan saat ini,” katanya.


8. Mladen Petrić (UEFA tahun 2006)



Kejadiannya di pertandingan UEFA FC Basel melawan Nancy tahun 2006 ketika dia masih memperkuat FC Basel (sekarang bermain di Hamburg SV), kiper utama FC Basel, Franco Costanzo dikartu merah oleh wasit karena mengganjal pemain Nancy,Issiar Dia di dalam kotak penalti. Dan waktu itu Basel telah melakukan pergantian 3 pemain sehingga dia didaulat menjadi kiper menggantikan Costanzo. Petrić memakai baju Costanzo dan mengawal gawang Basel. Kemudian wasit memberikan tendangan penalti untuk Nancy, dan tak disangka, Petrić dengan cemerlang berhasil memblok tendangan Mickaël Chrétien dan menyelamatkan timnya dari kekalahan. Saat itu Basel berhasil menahan imbang Nancy 2-2.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar