Selasa, 12 Juni 2012

5 Kandungan Berbahaya dalam Produk Perawatan Kulit

INFO UNIK - Kulit yang bersih dan sehat menjadi kebanggaan setiap wanita. Berbagai kiat dilakukan, termasuk menggunakan produk-produk perawatan kulit buat mendongkrak performa penampilan kulit.

Hasilnya memang luar biasa, tapi ada produk perawatan kulit yang ternyata memiliki kandungan berbahaya bagi kulit. Apa saja kandungan tercantum dalam produk perawatan kulit yang perlu dihindari.

1. Mineral Oil



Kandungan ini banyak digunakan di ratusan produk dan namanya sering pula disebut dengan liquid paraffin, paraffin wax, atau petrolatum dalam label produk.

Minyak ini banyak digunakan karena harganya yang murah. Padahal, mineral oil dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit, mengganggu kemampuan kulit untuk menghilangkan racun secara alamiah, dan memicu tumbuhnya jerawat. Akibat lainnya, dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan menyebabkan ketergantungan bila digunakan dalam waktu yang lama. Terakhir, kandungan ini juga dapat membuat kulit kering dan menyebabkan penuaan dini.

2. Dioksan



Dioksan adalah sebuah turunan sintesis dari kelapa dan banyak digunakan dalam produk-produk perawatan kulit. Kandungan konsentrasinya tinggi (1,4 dioksan) dan mudah diserap kulit. Di bagian California, Amerika, angka konsentrasi tersebut sudah dikategorikan sebagai bahan kimia dan dapat menyebabkan kanker.

3. Wewangian



Siapa yang tidak mau berbau wangi? Kalau kita ingin berbau wangi, pakailah sedikit saja parfum atau cologne pada tubuh. Parfum dan wewangian lainnya tidak boleh terkandung dalam produk kecantikan karena ada wewangian yang ternyata terbuat dari bahan-bahan yang mengandung racun atau karsinogenik.

Kenapa tidak boleh? Karena dalam perawatan kulit akan diterapkan produk di atas permukaan wajah, leher, dan tubuh yang menyebabkan banyak penyerapan kimia terjadi.

4. Paraben



Methyl, Propyl, Butyl, dan Ethyl Paraben adalah di antara yang dimaksud. Campuran ini digunakan semata-mata sebagai bahan pengawet produk perawatan kulit. Meski lebih ekonomis, namun Paraben dapat menyebabkan kanker, mengganggu sistim endokrin tubuh, menyebabkan reaksi alergi, dan ruam kulit.

5. Alkohol



Ethanol, Ethyl Alcohol, Methanol, Benzyl Alcohol, Isopropyl Alcohol, dan SD alcohol. Tidak semua alkohol memiliki sifat yang sama, tapi kandungan alkohol tersebut sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan tidak bersahabat dengan jaringan kulit. Bukan itu saja, alkohol seperti ini dapat menanggalkan mantel asam alami kulit dan membuat kulit lebih rentan terhadap bakteri, jamur, dan virus.

Demikian lah artikel dari Artikel Zamrud Hijau, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar