Selasa, 03 April 2012

Siswa Pendidikan Kapal Selam Tambah Porsi Latihan Fisik

Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2). Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/Koz/12)

3 April 2012, Surabaya: Puluhan siswa Pendidikan Calon Awak Kapal Selam TNI AL angkatan ke-46 menambah tambahan porsi latihan fisik berupa renang sejauh 1.000 meter, selain lari beban sejauh 10 km.

Latihan ketahanan fisik di Kolam Renang Jala Krida Tirta Kesatrian Bumimoro, Surabaya, diikuti seluruh siswa yang terdiri dari empat orang perwira pertama, satu bintara dan 10 tamtama ini.

Komandan Sekolah Kapal Selam Kodikopsla Kobangdikal Mayor Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, program pendidikan calon awak kapal selam cukup unik, selain pendidikannya diadakan hanya setahun satu kali, siswanya juga paling sedikit jika dibanding pendidikan brivet lainnya.

"Masa pendidikannya juga paling lama yakni sembilan bulan, sedangkan pendidikan brivet lainnya berkisar 5-7 bulan," katanya.

Saat ini, para siswa memasuki pendidikan bulan keempat atau tahap kedua yang akan dijalani selama tiga bulan.

Pada tahap pertama, siswa dibekali tentang pengetahuan dan pendidikan dasar kapal selam, kemudian pada tahap kedua mendalami kejuruan kapal selam sesuai dengan korps masing-masing.

Selanjutnya pada tiga bulan terakhir atau tahap tiga, para siswa akan merasakan langsung berada di dalam kapal selam untuk melaksanakan latihan dan praktik di Satuan Kapal Selam Koarmatim.

"Untuk menunjang pendidikan yang masih panjang, kebugaran fisik calon awak kapal selam perlu dijaga, salah satunya dengan lari beban dan renang rutin," tambah Wirawan.

Kasal Terima Kunjungan Commander Submarine Group Seven US Navy

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno menerima kunjungan dari Commander Submarine Group Seven US Navy, Task Force 74/54 Rear Admiral Phillip G. Sawyer di Markas Besar Angkatan Laut Mabesal (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (03/04).

Kasal menyambut hangat RADM Phillip G. Sawyer, dan berharap kunjungan ini dapat meningkatkan persahabatan serta kerja sama yang selama ini telah terjalin antara kedua negara, khususnya antara TNI AL dan US Navy. RADM Phillip G. Sawyer juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat selama lawatannya di Indonesia, dan mengungkapkan bahwa ini merupakan kali pertama mengunjungi Indonesia.

Dalam pertemuannya ini, kedua pejabat berharap semakin terjalin kerja sama antara TNI AL dengan US Navy khususnya antara armada kapal selam kedua negara, baik dalam bentuk latihan maupun pendidikan. Pada kesempatan yang sama Kasal mengungkapkan bahwa dirinya juga merupakan perwira TNI AL yang meniti karier sebagai Perwira di satuan Kapal Selam, untuk itu Kasal mengundang para personel Kapal Selam dari U.S Navy untuk datang mengunjungi Indonesia pada kesempatan mendatang.

Rear Admiral Phillip G. Sawyer merupakan perwira alumni United States Naval Academy tahun 1983 dan menjabat sebagai Commander Submarine Group Seven US Navy pada Juni 2011. Selain itu, sama halnya dengan Kasal Laksamana TNI Soeparno, Perwira Tinggi US Navy ini juga merupakan Perwira yang dianugerahi bintang kehormatan Legion Of Merit dari pemerintah AS.

Turut hadir mendampingi Kasal dalam kesempatan tersebut Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Hari Bowo, S.E, M.Sc., Asisten Pengamanan (Aspam) Kasal Ir. I Putu Yuli Adnyana, dan para pejabat Mabesal terkait lainnya.

Sumber: ANTARA Jatim/Dispenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar