Rabu, 04 April 2012

Satran Koarmatim Bersihkan “Ranjau” Di Perairan Paiton


4 April 2012, Surabaya: Satuan Kapal Ranjau Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan latihan penyebaran ranjau laut melalui udara dengan menggunakan pesawat TNI AL jenis Cassa dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda Surabaya, Selasa (3/4). Latihan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat-III Terpadu yang melibatkan unsur-unsur Kapal Perang Republik Indonesi (KRI) di jajaran Koarmatim, pesawat udara dan helikopter.

Droping ranjau laut melalui udara dilaksanakan di daerah latihan TNI AL yang berada di perairan Paiton Probolinggo, Jawa Timur. Pesawat Cassa TNI AL yang membawa simulator ranjau laut melaksanakan manuver terbang rendah diatas perairan Paiton dengan ketinggian 500 feet. Setelah mendapatkan titik kordinat yang telah ditentukan sebagai area penebaran ranjau, pesawat kemudian melaksanakan simulasi dropping ranjau laut melalui rampah pesawat intai maritim tersebut.

Secara umum gladi penebaran ranjau tersebut berhasil dengan baik tanpa ada kesulitan yang berarti. Pada kesempatan yang sama dua unsur laut dari Satuan Kapal Ranjau Koarmatim yaitu KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Pulau Rupat-712 melaksanakan latihan perburuan dan penyapuan ranjau disekitar perairan tersebut. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Satran Koarmatim dalam aspek peperangan ranjau laut.

Sumber: Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar