Minggu, 07 Maret 2010

Tiga Pesawat F-16 Akan Kawal Obama


08 Maret 2010, Denpasar -- Meski belum mendapat kepastian jadi tidaknya kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Bali, sejumlah persiapan kini mulai dilakukan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu Negeri Paman Sam tersebut.

Pengamanan ekstraketat akan dilakukan dengan menyiagakan 3 pesawat tempur F-16 milik TNI AU di Bandara Ngurah Rai mulai tanggal 18 Maret mendatang. "Pesawat F-16 datang ke Bali sebagai upaya kesiapsiagaan menyambut kedatangan Obama," ujar Heru Legowo, General Manager PT Angkasa Pura I, saat ditemui di kantornya.

Namun, Heru Legowo memastikan kedatangan pesawat tempur F-16 ini tidak akan memengaruhi jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai. "Kami akan bekerja keras untuk mengatur lalu lintas pesawat karena F-16 manuvernya luar biasa," tambah Heru Legowo.

Pihak Bandara Ngurah Rai kini terus melakukan koordinasi dengan Pangkalan TNI AU Ngurah Rai untuk mempersiapkan segala fasilitas menyambut kedatangan Barack Obama ke Bali yang diperkirakan antara tanggal 20 Maret dan 25 Maret.

Danlanud Ngurah Rai: Tak Ada Keistimewaan untuk Obama

Menjelang kedatangan Presiden Barack Obama ke Bali pada 21 Maret mendatang, sampai saat ini Pangkalan TNI AU Ngurah Rai Bali belum melakukan persiapan khusus karena masih menunggu konfirmasi dari pusat.

Namun, Komandan Pangkalan TNI AU Ngurah Rai Bali Letkol Penerbang Aldrin Petrus Mongan memastikan tidak ada keistimewaan pengamanan kepada Obama jika nantinya datang ke Bali. "Prinsipnya standar pengamanan kepala negara sama, namun kita menilai perkembangan situasi dan kapasitas," ujarnya.

Pangkalan TNI AU Bali telah memiliki pengalaman menyambut kedatangan Presiden AS saat kunjungan Ronald Reagan dan George Bush di masa mereka masih menjabat sebagai Presiden.

Rencananya sore ini Aldrin akan bertemu dengan perwakilan Kedutaan Besar AS untuk membahas rencana kedatangan Obama.

KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar