Minggu, 09 Agustus 2009

Simulasi Gultor di Puspiptek


8 Agustus 2009, Tangerang Selatan -- Mengantisipasi maraknya tindakan teror dan berbagai pelanggaran, berdasarkan surat dari Kopassus TNI mengenai kegiatan Latihan Keterampilan GULTOR (Penanggulangan Teror ) di Obyek Vital Nasional, Kawasan Puspiptek terpilih untuk lokasi kegiatan latihan/simulasi tersebut.

Kegiatan Simulasi dilakukan guna memerangi dan menganggulangi aksi teroris yang meresahkan oleh Tim Kopassus Sat-81 Gultor. Satuan 81 Penanggulangan Teror atau disingkat Sat-81 Gultor adalah satuan di Kopassus , setingkat dengan Grup/ detasemen yang siap diterjunkan untuk mengatasi dan memerangi aksi teroris, dimana dan kapan saja. Latihan ini adalah sebuah upaya untuk ikut serta meningkatkan kemampuan bela negara dengan mengerahkan semua Tim Respon termasuk menurunkan anjing pelacak, bersama sama dengan Puspiptek sebagai tim pendukung yang melibatkan : Tim Keamanan, Tim Rescue, Tim Kesehatan dan Tim Pemadam Kebakaran. Tim pendukung kegiatan yang terdiri dari personil jajaran Puspiptek dan jajaran BATAN, sejumlah 60 personil telah melaksanakan kegiatan simulasi tersebut dengan baik dan sungguh-sungguh.

Pelaksanaan latihan Gultor ini dilakukan pada hari Sabtu, 8 Agustus 2009 mulai jam 04.00 s/d 07.00 WIB. Hadir menyaksikan pelaksanaan simulasi dilokasi latihan adalah Wadanjen KOPASSUS, Kepala BATAN, Hudi Hastowo: Kepala BAPETEN, As Natio Lasman; Kepala PKTN-BATAN dan Kepala PUSPIPTEK, Jeni Ruslan beserta jajarannya.

Dari kegiatan simulasi tersebut, manfaat yang bisa diambil adalah : 1). Bahwa Tim Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Pemadam Kebakaran Kawasan Puspiptek, dapat menyempurnakan prosedur untuk penanggulangan bila terjadi keadaan darurat 2). Meningkatkan kesiap-siagaan para petugas keamanan, keselamatan dan kesehatan Puspiptek dalam menghadapi situasi darurat.

Puspiptek/humasristek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar