Jumat, 14 Agustus 2009

Rusia Kembali Scrap Kapal Selam Nuklir

Kapal selam nuklir kelas Delta. (Foto: globalsecurity.org)

15 Agustus 2009 -- Rusia kembali melakukan scrapping satu unit kapal selam strategis bertenaga nuklir dari Armada Utara Rusia, Jumat (14/8) di galangan kapal Zvezdochka, sebelah Utara Rusia, dibiayai oleh Amerika Serikat dan Kanada.

Rusia menandatangani kesepakatan kerjasama pembuangan kapal selam nukir dengan Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jepang, Itali dan Norwegia.

Rusia telah melakukan scrapping lebih dari 200 unit kapal selam nuklir dari 250 unit yang dibuat pada masa Uni Sovyet dan berjanji melucuti kapal selam tersisa hingga 2012.

Para awak kapal selam, pekerja galangan kapal Zvezdochka dan Sevmash, personil aktif Armada Utara dan para veteran hadir dalam acara pelepasan kapal selam untuk discrap.

(Foto: globalsecurity.org)

Zvezdochka merupakan galangan kapal terbesar di Rusia untuk memperbaiki dan melucuti kapal selam bertenaga nuklir. Galangan ini mempunyai kapasitas melucuti empat kapal selam nuklir pertahun.

Selama proses pelucutan, bahan bakar nuklir diangkat dari reaktor kapal selam dan disimpan dalam tempat penyimpanan, badan kapal dipotong menjadi tiga bagian, bagian lunas dan buritan dihancurkan sedangkan bagian reaktor disegel dan dikirim ke tempat penyimpanan.

Kapal selam nuklir kelas Delta III Borisoglebsk K-496, dipensiunkan Angkatan Laut Rusia Desember 2008 setelah lebih 30 tahun bertugas. Usia operasional kapal selam diperkirakan 20 - 25 tahun.

Borisoglebsk K-496 terlibat insiden tabrakan dengan kapal selam nuklir Amerika Serikat Maret 1993. K-496 selanjutnya diperbaiki di galangan kapal Zvezdochka.

Kapal selam kelas Delta sebelumnya menjadi tulang punggung armada kapal selam strategis Uni Sovyet dan Rusia sejak pertama kali diperkenalkan 1973. Delta dipersenjatai rudal nuklir balistik keluarga R-29.

RIA Novosti/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar