Jumat, 14 Agustus 2009

Pesawat Tempur AS Ikuti Sail Bunaken

F/A-18 Hornet dari Strike Fighter Squadron Three Four (VFA-34) "Blue Blasters" lepas landas dari flight deck USS George Washington (CVN-73). (Foto: navsource.org)

15 Agustus 2009, Manado -- Sejumlah pesawat tempur dan pesawat intai marinir Amerika Serikat (AS), dipastikan mengikuti "flying pass" pada Sail Bunaken di perairan Manado, 19 Agustus 2009 mendatang.

"Sejumlah pesawat tersebut akan dilepas dari kapal induk USS George Washington yang berpangkalan di perairan Filipina," kata Humas Lantamal VIII Manado Andryanto di Manado, Sabtu.

Pesawat milik AS itu diantaranya empat unit F-18 Hornet, satu pesawat E AG dan pesawat E2C yang merupakan pesawat intai marinir.

Bahkan pesawat-pesawat tersebut akan melakukan latihan (cek rute) selama dua kali di Teluk Manado, yakni pada 16 dan 17 Agustus 2009.

"Kehadiran sejumlah pesawat tempur tersebut merupakan momen penting dan langkah untuk disaksikan di Indonesia," katanya.

Akan bergabung juga pada flying pass pada puncak acara yang akan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah pesawat TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara, diantaranya tiga Sukhoi, MK-27/MK-30 dan empat unit F-16.

Khusus "Sailing Pass", sejumlah kapal perang berbagai negara sudah berada di perairan Sulut, seperti dua kapal Thailand masing-masing Phuttaloetia Naphalai FF 461 da Rattanakosin FS 441, dua kapal Malaysia, KD Kedah 171 dan KD Tunas Samudera.

Serta satu kapal Filipina yakni Manuel L Quezon PS 70, dan sebuah kapal Inggris, HMS Echo H87, sedangkakn kapal perang lainnya masih dalam perjalanan.

"Sementara kapal lainnya masih dalam perjalanan ke Sulut, bersamaan dengan beberapa kapal layar," jelas Kepala Biro Humas Pemprov Sulut, Roy Tumiwa.

Tribun Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar