Rabu, 12 Agustus 2009

AS Tawarkan 34 Hercules

Lockheed C-130 Hercules USAF. (Foto: USAF/Staff Sgt. Tony R. Tolley)

13 Agustus 2009, Jakarta -- Amerika Serikat (AS) menawarkan 34 pesawat angkut C-130 Hercules tipe E untuk dibeli pemerintah Indonesia. Departemen Pertahanan telah meminta TNI Angkatan Udara untuk mengkaji penawaran tersebut.

"Minggu depan tim perencanaan mulai bekerja," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Bambang Soelistyo di Jakarta, Rabu (12/8).

Dia mengatakan, pesawat-pesawat tersebut sudah tidak lagi digunakan AS. Jika sepakat dibeli, AS akan melakukan perbaikan dan modifikasi terlebih dahulu. Satu pesawat dibanderol U$40 juta (sekitar Rp400 miliar). Sebagai perbandingan, satu pesawat terbaru Hercules tipe J harganya mencapai U$90 juta atau hampir Rp1 triliun.

Bambang mengatakan, dengan keterbatasan anggaran pertahanan, diperkirakan hanya enam pesawat yang akan diambil. "Tapi semua masih dikaji dahulu," katanya.

Dephan dan TNI menempatkan prioritas pembelian dan pemeliharaan pesawat angkut untuk lima hingga sepuluh tahun mendatang. Alasannya, pesawat angkut memiliki dua fungsi baik militer maupun nonmiliter. "Armada angkut juga efektif membantu penanganan bencana," kata Bambang.

JURNAL NASIONAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar